• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Aktif, Inovatif , Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)

    Thumbnail
    View/Open
    50.pdf (477.8Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Siregar, Hotma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan banyak terdapat mata kuliah yang berisikan materi hukum. Bagi mahasiswa ternyata agak sulit untuk memahami materimateri hukum ini, karena banyak istilah-istilahnya yang sulit dimengerti dan dibuktikan dengan rendahnya nilai akhir mahasiswa. Hal ini akan menyulitkan bagi mahasiswa, karena mata kuliah hukum akan berkelanjutan. Jika mahasiswa tidak memahami materi hukum sejak semester awal, maka akan menyulitkan dalam semester berikutnya. Menyikapi hal tersebut, maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Paikem akan meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah yang berisi materi hukum. Penelitian dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI program studi PPKn dalam mata kuliah Hukum Tata Negara dengan jumlah mahasiswa 36 (tiga puluh enam) orang. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, maka terlihat adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Terbukti dari hasil pretes dimana mahasiswa yang tuntas belajar hanya sebanyak 16 orang (44,44%) dari jumlah mahasiswa 36 orang dan setelah dilakukan postes pada siklus I, maka jumlah mahasiswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 34 orang (94,44%) dan hanya 2 orang (5,56%) yang tidak tuntas. Pada siklus I saja telah menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7834
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV