• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Autentik pada Matakuliah Analisa Kompleks

    Thumbnail
    View/Open
    52.pdf (433.1Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Azis, Zainal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang menjadi fokus utama penelitian ini adalah tingkat kegagalan mahasiswa pada matakuliah Analisa Kompleks yang masih tinggi dimana kelulusan mahasiswa hanya mencapai rata-rata 68,3% dalam 5 tahun terakhir. Selain disebabkan oleh kemampuan matematis yang kurang memadai, teknik penilaian yang digunakan dosen juga menjadi faktor penentu kegagalan mahasiswa. Penilaian berbasis proses dan unjuk kerja yang dikenal dengan prinsip penilaian autentik belum diterapkan di FKIP UMSU, yang mengakibatkan nilai yang diperoleh mahasiswa belum sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian autentik sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Analisa Kompleks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa kelas A2-Sore Semester VI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSU Tahun Akademik 2015/2016. Rerata skor dari hasil tes akhir pemahaman konsep adalah sebesar 79,9 dan 92,5% mahasiswa memiliki nilai dalam kategori sedang (skor 65-79). Dari hasil analisis gain ternolmalisasi, rerata gain dari hasil tes awal dan tes akhir pemahaman konsep adalah sebesar 0,54 yang berarti bahwa melalui pembelajaran berbasis masalah dan penilaian autentik terjadi peningkatan pemahaman konsep pada matakuliah Analisa Kompleks setelah dua siklus tindakan dengan kategori peningkatan sedang. Melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian autentik, sebanyak 85% mahasiswa lulus dalam mata kuliah Analisa Kompleks dengan nilai minimal C(skor 65-69).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7836
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV