• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keefektifan Model Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Biologi Pasca Sertifikasi Berbasis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Karesidenan Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    61.pdf (340.1Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Anif, Sofyan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru mata pelajaran Biologi di Karesidenan Surakarta yang sudah lulus sertifikasi berjumlah 332 orang. Berdasarkan kebijakan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas yang merupakan tindak lanjut atas Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka guru-guru yang telah lulus sertifikasi diwajibkan untuk mengikuti pengembangan keprofesian secara berkelanjutan (PKB). PKB adalah cara atau pendekatan yang di dalamnya guru secara berkesinambungan belajar dan mendorong untuk memelihara dan meningkatkan standar mereka yang mencakup bidang-bidang yang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai pendidik professional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi mekanisme dan pengelolaan PKB; (2) mengetahui karakteristik materi kegiatan PKB; (3) mengetahui dampak atau hasil setelah mengikuti kegiatan PKB; dan (4) mengetahui tingkat keefektifan pelaksanaan PKB. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sedangkan instrumen yang digunakan berupa daftar pertanyaan, angket, dan kuesioner. Responden atau informan adalah Kepala LPMP Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah, pengurus MGMP Biologi, dan guru bidang studi Biologi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang diperlukan meliputi data primer dan data sekunder, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme dan pengelolaan PKB terdiri atas 9 langkah yaitu: (1) guru guru menyusun evaluasi diri; (2) guru memperoleh profil kinerja; (3) koordinator dan guru menyusun rencana kegiatan PKB; (4) Koordinator dan Kepala Sekolah menetapkan rencana kegiatan PKB; (5) guru menerima rencana kegiatan PKB; (6) guru melaksanakan kegiatan PKB; (7) guru melakukan PKG pada akhir semester; (8) guru dan koordinator melakukan refleksi hasil PKB; dan (9) guru dan koordinator menyusun rencana kegiatan PKB tahun berikutnya berdasarkan hasil PKG, dan guru yang telah memenuhi angka kreditnya bisa mengajukan kepangkatan. Proses atau mekanisme ini berlangsung paling cepat selama 10 bulan. Hasil penelitian yang terkait dengan karakteristik unsur dan materi kegiatan PKB menunjukkan ada 10 jenis materi yaitu: (1) rencana pendidikan dan program kerja; (2) pengembangan kurikulum, penyusunan RPP dan pengembangan bahan ajar; (3) pengembangan metodologi mengajar; (4) penilaian proses dan hasil pembelajaran; (5) penggunaan dan pengembangan TIK dalam pembelajaran; (6) inovasi pembelajaran; (7) peningkatan kompetensi profesional; (8) penulisan publikasi ilmiah; (9) pengembangan karya inovatif, dan (10) kemempuan mempresentasikan hasil karya. Karakteristik yang terkait dengan dampak atau hasil publikasi ilmiah dan karya inovatif terdiri atas 4 kegiatan, yaitu (1) presentasi pada forum ilmiah dengan nilai 13,2 % dari 53 guru yang mengikuti PKB; (2) menulis artikel publikasi ilmiah sebesar 7,5 % dari peserta 53 guru; (3) melakukan publikasi buku teks dengan nilai 22,6 %; dan (4) menemukan atau mengembangkan karya invatif dengan nilai 15,1 %. Sedangkan hasil yang terkait dengan tingkat keefektifan: (1) untuk katagori mekanisme pelaksanaan yang menyatakan kurang efektif 51 %, cukup efektif 26 %, dan efektif 23 %; (2) untuk katagori materi diklat yang menyatakan kurang efektif 10 %, cukup efektif 27 %, dan efektif 63 %; (3) untuk katagori dampak atau hasil PKB yang berupa publikasi ilmiah dan karya inovatif yang menyatakan kurang efektif 58 %, cukup efektif 30 %, dan efektif 12 %.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7855
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV