• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Investigasi

    Thumbnail
    View/Open
    62.pdf (306.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Fitriyani, Harina
    Khasanah, Uswatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada pembelajaran matematika di Perguruan Tinggi, kemampuan komunikasi perlu dihadirkan secara intensif agar mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Mahasiswa calon guru perlu dibekali kemampuan komunikasi matematis yang baik supaya nantinya mampu melatihkan dan mengajar matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran investigasi pada mata kuliah Analisis Regresi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru semester VI Program Studi Pendidikan Matematika kelas unggulan FKIP UAD Tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan/observasi, refleksi. Dari hasil siklus kedua diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru selama pembelajaran mata kuliah Analisis Regresi dibandingkan siklus pertama. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I yakni 81,25% menjadi 87,5% pada siklus II dengan kategori tinggi, serta hasil observasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan yang juga menunjukan adanya peningkatan yaitu 53,13% pada siklus I dengan kategori sedang meningkat menjadi 95,83% pada siklus II dengan kategori tinggi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7856
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV