• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Classroom Language dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    66.pdf (305.9Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Saragih, Mandra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Inggris di SMP bertujuan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari hari. Ini berarti bahwa siswa harus mampu mendengar, berbicara, membaca dan menulis bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara sederhana dalam konteks keseharian mereka. Tujuan ini tidak berbanding lurus dengan kenyataan di kelas bahasa Inggris di SMP. Sebagian besar siswa masih mengalami masalah dalam belajar bahasa Inggris. Mereka masih belum mampu berkomunikasi kepada guru atau sesama siswa dengan menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan kondisi tersebut, guru menerapkan classroom language untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa strategi yang dilakukan dalam menerapkan classroom language, yaitu berbicara lebih lambat, menggunakan jeda, mengubah pengucapan, memodifikasi kosakata, menyederhanakan tatabahasa, dan menggunakan konteks keseharian. Hasil yang diharapkan adalah motivasi siswa meningkat, suasana kelas aktif, kosakata siswa bertambah, siswa berani berbicara bahasa Inggris di kelas dan di luar kelas dan nilai bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, classroom language adalah cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dan disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan classroom language sebagai alternatif untuk mengatasi masalah siswa dalam belajar bahasa Inggris.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7860
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV