• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA

    Thumbnail
    View/Open
    69.pdf (226.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Prabowo, Anggit
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik butir soal ujian akhir semester mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan ekpost facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah respons mahasiswa terhadap instrumen tes ujian akhir semester untuk mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2016. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes ujian akhir semester mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Software ITEMAN. Hasil penelitian menunjukkan dari 50 butir soal UAS mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA, terdapat 31 butir yang terkategori terlalu mudah, 16 butir yang terkategori sedang, dan 3 butir yang terkategori terlalu sukar. Untuk daya beda butir, dari 50 butir terdapat 36 butir yang memiliki daya beda yang baik, 14 butir yang memiliki daya beda yang tidak baik. Untuk keberfungsian pengecoh, 170 pengecoh berfungsi dengan baik sedangkan 30 pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Koefisien reliabilitas tes adalah sebesar 0,7.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7863
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV