• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Media Diorama Dan Sempoa (Diopoa) Pada Materi Pengolahan Data

    Thumbnail
    View/Open
    70.pdf (128.2Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Hidayati, Yulia Maftuhah
    Kurniawan, Fitri
    Ikhsanudin, Muhammad Ryan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak diterapkan dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, matematika diajarkan disemua jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi. Mata pelajaran matematika tidak semua konsepnya bersifat konkret tetapi ada yang bersifat abstrak. Untuk menyesuaikan pola belajar anak SD yang menuntut pembelajaran aktif dan menyenangkan, serta pola pikir anak SD yang masih konkret maka perlu adanya sebuah media yang bisa menarik perhatian siswa dan mampu menjelaskan konsep matematika yang besifat abstrak. Materi pengolahan data adalah materi yang banyak menggunakan cara kerja abstrak dengan membayangkan banyak sekali data yang ada dan kemudian dibuat perhitungannya. Oleh karena itu untuk mengajarkan materi tentang pengolahan data diperlukan media. Media yang digunakan di sini adalah media Diorama dan Sempoa (DIOPOA). Diorama berupa tiruan alam seperti pegunungan dan kehidupan yang terjadi di alam. Sedangkan sempoa merupakan salah satu alat bantu hitung. Media tersebut memiliki fungsi utama sebagai alat dalam menjelaskan materi pengolahan data. Sedangkan untuk fungsi yang lain adalah sebagai sempoa, papan berpaku, dan alat peraga bangun ruang. Adapun cara penggunaan DIOPOA untuk materi pengolahan data, semua miniatur yang akan digunakan dalam pengolahan data disusun sesuai keinginan pengguna, data yang terdapat di lahan diorama tersebut dihitung, kemudian data tersebut digunakan dalam pengolahan data untuk menentukan nilai terbesar dan terkecil serta mean, median, dan modus. Diharapkan dengan media DIOPOA materi pengolahan data dapat lebih mudah dijelaskan kepada siswa, dari yang awalnya abstrak menjadi konkret dengan menggunakan media tersebut.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7864
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV