Show simple item record

dc.contributor.authorSuharjo
dc.contributor.authorLestari, Puji
dc.contributor.authorKhanif, Muhammad
dc.date.accessioned2016-10-25T02:53:27Z
dc.date.available2016-10-25T02:53:27Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationHamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia. Hermon, Dedi. 2015. Geogarfi Bencana Alam. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Kurniasari, Novita. 2015. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar “Amukan Sang Gunung” pada Materi Bentuk Muka Bumi di Indonesia untuk Peserta didik Kelas VII SMP N 1 Gatak Tahun Ajaran 2014/2015. Laporan Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Geografi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo. Nu’man, Mulin. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berdasarkan Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahapeserta didik Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. ISBN : 978.602.361.002.0. Diakses pada 3 Februari 2016, dari http//jurnalISBN. UINsunankalijaga.ac.id Peraturan Bupati Klaten Nomor 6 Tahun 2014. Panduan Pemebelajaran Kebencanaan Di Kabupaten Klaten. Klaten: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klaten. Purnamasari, Nurdiana. 2014. Pengembangan Materi Kebencanaan pada Bahan Ajar SMP Kelas VII Mata Pelajaran IPS pada Konsep Keruangan dan Konektivitas. Laporan Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sudibiyakto. 2011. Manajemen Bencana di Indonesia Kemana? Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung. Undang-Udang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Pengertian Bencana. Badan Nasional Penanglangan Bencana, Jakarta, 2007 Warsono dkk. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Yusuf, Muhammad. 2010. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas IX pada Materi Menganalisis Fenomena Biosfer dan Antroposfer dengan Model Dick and Carey. Malang: Universitas Negeri Malang. Diakses pada 5 Februari 2016, dari www. Academia.edu/1018827012kumpul. Zaini, Hisyam Munthe Bermawy dan Ayu Sekar Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7865
dc.description.abstractBuku Panduan Pembelajaran Kebencanaan Kabupaten Klaten salah satunya bertujuan memberikan pengetahuan dasar kepada peserta didik untuk meningkatkan kesiapsiagaan sejak dini dalam rangka Pengurangan Resiko Bencana di kabupaten Klaten. Peneliti melakukan penelitian pada peserta didik SMKN 1 Klaten pada materi letusan gunung api Merapi dan pada peserta didik SMKN 1 Tulung Klaten pada materi longsor lahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas buku panduan bahan ajar. Penelitian dilakukan secara eksperimen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dan ekstra kurikuler sekolah siaga bencana(SSB). Metode pembelajaran dipilih strategi snow bolling dan talking stik. Hasil penelitian buku panduan pembelajaran kebencanaan kabupaten Klaten efektif. Peserta didik SMKN 1 Klaten kelas eksperimen 2 memiliki kemampuan rata rata kelas lebih rendah dari kelas ekperimen 1. Peserta didik SMKN 1 Tulung kelas ekstra kurikuler sekolah siaga bencana (SSB) nilai rata-rata 92,05, dan kegiatan belajar mengajar ( KBM) kelas X TKJ kelas A rata –rata nilai 81,74.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectefektivitasin_ID
dc.subjectbahan ajarin_ID
dc.subjectsnow bollingin_ID
dc.subjecttalking stickin_ID
dc.titleEfektivitas Bahan Ajar Buku ”Panduan Pembelajaran Kebencanaan Kabupaten Klaten” Pada Sekolah Menengah Kabupaten Klaten Jawa Tengahin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record