Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Putri Pangesti
dc.contributor.authorSuwarno, S
dc.date.accessioned2016-10-25T04:07:30Z
dc.date.available2016-10-25T04:07:30Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAnantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius. Azmira, Via. 2015. A Gift: Anak Hiperaktif- Memahami, Mendeteksi, Terapi, dan Pola Asuh yang Tepat Bila Memiliki Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Rapha Publishing. Baihaqi, MIF dan M. Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama. Green, Andrea L. and Rabiner, David L. 2012. “What Do We Really Know About ADHD In College Students?”. Journal of Neurotherapeutics, Juli 2012, Vol. 9, Issue 3, pp.559-568. Moleong, Lexi J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Utami, Tri dan Elis Hartati. 2012. “Pengalaman Ibu Mengasuh Anak Dengan Resiko GPPH”. Jurnal Keperawatan Diponegoro. Vol. 1, No.1. diakses pada 01 Desember 2015. Zachor, Hodgens and Patterson. 2009. “Treatment of Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADHD)”. Journal of Behavioral Sciences, pp. 139181. Zaviera, Ferdinand. 2007. Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi. Yogyakarta: Katahatiin_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7872
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perilaku anak hiperaktif di kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta, (2) faktor-faktor yang menyebabkan anak hiperaktif di kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta, (3) upaya dalam mengatasi anak hiperaktif di kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru yang mengajar di kelas III, anak hiperaktif di kelas III, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verification. Penelitian ini diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan penelitian, penyusunan laporan dan diakhiri dengan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku Radit sebagai anak hiperaktif, antara lain: sering mengganggu teman yang lain, tidak mau diatur, sering meninggalkan tempat duduk saat pembelajaran, dan sering tidak menyelesaikan tugas yang telah dikerjakan. Sedangkan perilaku Leo sebagai anak hiperaktif, antara lain: memiliki tempramen yang tinggi, sering menyakiti orang lain, sering meninggalkan tempat duduk saat pembelajaran, dan manja. Perilaku-perilaku tersebut disebabkan oleh faktor lingkungan rumah atau keluarga. melalui kegiatan wawancara dengan orang tua dari kedua anak tersebut bahwa orang tua Radit sering memberikan kekerasan fisik maupun perkataan saat membimbing anak, sedangkan orang tua Leo sering memanjakan dan menuruti keinginan anak. Perilaku anak hiperaktif yang disebabkan oleh faktor tersebut dapat diatasi dengan beberapa upaya antara lain: diberi teguran saat melakukan kesalahan, memberikan sanksi sesuai kemampuan anak, tidak perlu memberikan kekerasan saat membimbing anak hiperaktif.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjecthiperaktifin_ID
dc.subjectpenyebab hiperaktifin_ID
dc.subjectupaya mengatasi hiperaktifin_ID
dc.titleAnalisis Tentang Anak Hiperaktif dan Upaya Mengatasinya Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record