• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Kemandirian Sekolah di Amal Usaha Muhammadiyah

    Thumbnail
    View/Open
    79.pdf (418.8Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Susilo, Muhammad Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengkajian ini bertujuan untuk menemukan formula kemandirian sekolah dalam bentuk sekolah muhammadiyah yang didasarkan atas hasil penelusuran kebijakan di persyarikatan muhammadiyah. Kemandirian sekolah yang dimaksud adalah wujud dari sekolah kategori mandiri yang berkarakter muhammadiyah. Penulisan artikel ini mengikuti alur kegiatan penelitian pengembangan 4D dengan 3 tahapan, yakni: (1) tahap pra pengembangan (termasuk di dalamnya mencakup: pengumpulan informasi mengenai penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, mengkaji literatur, dan melakukan observasi lapangan), (2) tahap pengembangan (menyangkut kegiatan: penentuan arah produk, pengembangan, pembuatan rencana model), dan (3) tahap penerapan model (termasuk di dalamnya: kegiatan uji coba, implementasi pengembangan, dan diseminasi). Namun, artikel ini hanya mengangkat tahap pertama yaitu pra pengembangan dengan teknis pengkajian kebijakan dimuhammadiyah dan sekolah muhammadiyah, selanjutnya dilakukan content analisis atas data-data yang ditemukan. Hasil pengkajian diperoleh bahwa kemandirian sekolah yang berupa sekolah mandiri muhammadiyah dapat terwujud apabila diawali dengan adanya kebijakan kepala sekolah untuk peningkatan daya kemandirian sekolah yang mengarah pada peningkatan mutu; tolok ukur kemandirian dalam sekolah mandiri versi muhammadiyah adalah (a) tertib ibadah (al-islam), (b) mahir baca tulis al-quran, (c) berwawasan kebangsaan, (d) pengetahuan akademis tinggi, (e) ketrampilan berbahasa asing dan (f) ketrampilan komputer; wujud kemandirian dalam manajemen sekolah muhammadiyah berupa kemandirian kurikulum, kegiatan belajar mengajar, tenaga pendidik dan kependidikan, pembiayaan, dan fasilitas sekolah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7874
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV