Show simple item record

dc.contributor.authorSuyitno
dc.date.accessioned2012-04-16T05:01:52Z
dc.date.available2012-04-16T05:01:52Z
dc.date.issued2005-07
dc.identifier.citationBernardo, S., Peres, A.P, Mori, M., 2005, Computational Study of Ciclone Flow Fluid Dynamics Using a Different inlet section angle, Thermal Engineering, Vol. 4 No. 1. June 2005, p. 18-23. Cooper, C.D. and Alley, F.C, 1986, Air Pollution Control, USA. Funk, P.A., Ed Hughs, S. , Holt, G.A., 2000, Entrance Velocity Optimization for Modified Dust Cyclones, The Journal of Cotton Science 4: 178-182 (2000). Kim, C.H. and Lee, J.W., 2001, A New Collection Efficiency Model for Small Cyclones Considering the Boundary-Layer Effect , Aerosol Science 32 (2001) p. 251-269 Mukherjee, A.K., Sripriya, R., Rao, P.T., Das, P., 2003, Effect of Increase in Feed Inlet Pressure on Feed Rate of Dense Media Cyclone, Int.J.Miner.Process.69(2003) p.259– 274. Peng. W., Hoffmann, A.C., Dries, H.W.A., Regelink, M.A., and Stein, L.E, 2005, Experimental Study of the Vortex End in Centrifugal Separators: The Nature of the Vortex End, Chemical Engineering Science 60 (2005) p.6919 – 6928. Xiang, R., Park, S.H, and Lee, K.W., 2001, Effects of Cone Dimension on Cyclone Performance, Aerosol Science 32 (2001) p.549-561. Xiang, R.B. and Lee, K.W., 2005, Numerical Study of Flow Field in Cyclones of Different Height, Chemical Engineering and Processing 44 (2005) p. 877–883en_US
dc.identifier.issn1411-4348
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/789
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik aliran dan unjuk kerja siklon terhadap pengaruh kecepatan gas masuk. Penelitian akan dilakukan secara numerik. Hasil dari analisa CFD (Computational Fluid Dynamic) akan dibandingkan dengan hasil eksperimen dari literatur lain. Karena aliran dalam siklon dipercaya termasuk kedalam jenis turbulen sehingga dalam analisa CFD juga perlu melibatkan pengaruh turbulen dalam pemecahan persamaan momentumnya (Navier Stokes). Dua model turbulen yaitu Spalart-Allmaras dan RNG k- e akan dilibatkan dalam perhitungan numerik. Dari hasil perhitungan numerik dan hasil eksperimen dapat disimpulkan bahwa desain siklon pada penelitian ini masih memungkinkan terjadinya aliran pintas. Besarnya efisiensi pemisahan partikel yang terjadi di atas 90% dan tidak tergantung secara signifikan pada kecepatan gas masuk. Peningkatan kecepatan gas masuk dari 13,2 m/s menjadi 17,8 m/s akan meningkatkan penurunan tekanan hampir dua kali lipat. Model Spalart-Allmaras lebih baik dalam memprediksi penurunan tekanan dan efisiensi pemisahan partikel dalam siklon untuk kisaran kecepatan gas masuk 13,2 m/s sampai 17,8 m/s dibandingkan model turbulen RNG k- e.en_US
dc.subjectCFDen_US
dc.subjectsiklonen_US
dc.subjectpenurunan tekananen_US
dc.titleANALISIS CFD UNJUK KERJA SIKLON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TURBULEN SPALART-ALLMARAS DAN RNG k- een_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record