Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Baiq Hana
dc.contributor.authorSumargo, Fransisca S.
dc.contributor.authorRiandi
dc.date.accessioned2016-11-11T01:14:17Z
dc.date.available2016-11-11T01:14:17Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAnonim. 2015. Laporan hasil Evaluasi perkuliahan Zoologi Vertebrata tahun Ajaran 2014/2015. Laporan hasil Evaluasi Dosen. Jurusan Pendidikan IPA FITK UIN syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak dipublikasikan. Borg and Gall (1983), Educational Reseach, An Introduction. New York and London, Longman Inc. Campbell, A. (2002). A mind of her own: The Evolutionary Psychology of Women. Oxford: Oxford University Press. (Second Edition due 2012). Chaeruman. (2008). Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. Chaeruman. A. Uwes. 2009. Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar. Pusat Teknologi Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional . Jakarta: Kemdiknas. Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Competencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan. Purbo,W.O. (2002). Teknologi E-Learning. Jakarta: Elex Media Computindo. Reyzal Ibrahim. (2011). Model Pengembangan ADDIE, diakses melalui http://jurnalpdf.info/pdf/model- pengembangan-addie.html diakses tanggal 2 Maret 2012 jam 10.15 WIB. Rosita dan Pribadi,T. (2005). Prospek Komputer sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Universitas Terbuka (online) tersedia: http://www.teknologipembelajaran.net. (23 September 2011). Semiawan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Sholihati, E.R. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara. Sukardjo dan Lis Permana Sari. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015. Rencana Strategis 2015-2016 . UIN Jakarta (online) tersedia http//www.uinjkt.ac .id (5 Februari 2016). Wahid, F. (2005). Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa. Disampaikan dalam Simposium Nasional Peduli Pendidikan yang Diselenggarakan oleh pendidikan @yahoogroups.com di UII Yogyakarta. Widowati, H., dan Dasrieni Pratiwi. 2015. Peninjauan Instrumen Penilaian Otentik Mahasiswa dalam perkuliahan sebagai Upaya Penyiapan Generasi Unggul yang Berdaya Saing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi tahun 2015. Program Studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadaiyah Malang. Tidak diterbitkan. Wiley, D.A. (2000). Learning Object Design and Sequencing Theory. Disertasi. Brigham Young Universityin_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7953
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian ini adalah adanya kenyataan bahwa di dunia pendidikan, TIK telah menjadi bagian dari perubahan secara radikal moda-moda penyampaian informasi termasuk dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, program studi pendidikan biologi UIN harus mulai mencoba merespon kemajuan tersebut dengan cara memulai mengembangkan sistem perkuliahan yang berbasis TIK. Pengembangan program perkuliahan yang paling mutakhir adalah e- learning yaitu salah satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Didalam perkuliahan dengan sistem tersebut, learning object menjadi sangat penting dan merupakan bagian yang paling utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan program perkuliahan Vertebrata berbasis learning object yang akan di uji cobakan kedalam perkuliahan dengan menggunakan sistem e-learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan menggunkan model ADDIE. Model ini terdiri atas 5 fase atau tahap utama yaitu 1) Analyze (analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Dengan diaplikasikannnya program ini diharapkan mahasiswa dapat menggunakan TIK sebagai sarana pembelajaran dan dapat mengembangkan bahan ajar yang berbasis TIK. Secara umum, prosedur dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan dan analisis data atau penyimpulan. Hasil penelitian meliputi tanggapan mahasiswa terhadap aspekaspek learning object dengan sistem e-learning yang mencakup materi, desain media, implementasi dan kualitas teknis. Lebih dari 70% mahasiswa menyatakan bahwa materi yang diberikan mempunyai tingkat kesulitan yang sudah sesuai, jelas dan mudah dipahami, menarik ketika disajikan dengan menggunakan LO, dan sudah sesuai dengan perkembangan kurikulum. Dari segi aspek desain media, lebih dari 70% mahasiswa menyatakan bahwa desain media tersebut sudah rapih dan tampilan media LO mempermudah dalam mendapatkan bagian-bagian dari isi materi. Kemudian lebih dari 60% menyatakan bahwa komposisi warna LO sudah menarik dan ukuran tampilan media LO dan teks yang disajikan sudah seimbang. Tanggapan selanjutnya mengenai implementasi LO terkait kemudahan penggunaannya. 75% mahasiswa menyatakan bahwa Aplikasi LO mudah untuk digunakan. Tanggapan terakhir mengenai kualitas teknis dari LO yang diberikan. 60% mahasiswa menyatakan bahwa kualitas teks dan warna LO sudah baik dan sesuai dengan kebutuhun materi. Selain itu, lebih dari 50% mahasiswa menyatakan bahwa gambar, animasi, video, dan audio yang ditampilkan sudah cukup baik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectLearning Objectin_ID
dc.subjectVertebratain_ID
dc.subjectResearch & Developmentin_ID
dc.subjectembedded concuren e- learningin_ID
dc.subjectpengembangan bahan ajarin_ID
dc.titlePengembangan dan Implementasi Program Perkuliahan Vertebrata Berbasis Learning Object dengan Sistem E- Learning di Program Studi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record