Show simple item record

dc.contributor.authorDanisa, Valent Sari
dc.contributor.authorDwiastuti, Sri
dc.contributor.authorSuciati
dc.date.accessioned2016-11-15T03:04:47Z
dc.date.available2016-11-15T03:04:47Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAmri, S., & Ahmadi, I.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Callahan, J.F., Clark, L.H., dan Kellough, R.D. (1992). Teaching In The Middle And Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company. Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Facione, P.A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Diperoleh 3 Februari 2012, dari http://www.insightassessment.com/CT-Resources/Independent-Critical-Thinking-Research/pdffile/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF. Hackling, M.W. (2005). Working Scientifically: Implementing and Assessing Open Investigation Work in Science. Western Australia: Departement of Education and Training. Liliasari. (2011). Peningkatan Kualitas Guru Sains Melalui Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pasca Sarjana. Bandung: UPI. Setiawan, I. G. A. N. (2008). Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59. Diperoleh 12 Juni 2012, dari http://pasca.undiksha.ac.id/e- 2 journal/index.php/jurnal_ep/article/.../36. Sudjana, N. (1996). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar (CBSA). Bandung: Sinar Baru Algensindo. Suprapto, F.W. (2009). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang Tahun Ajaran 2008/2009 Pokok Bahasan Bahan Kimia Rumah Tangga. Abstrak Skripsi Universitas Negeri Malang Tahun 20082009. Diperoleh 25 Februari 2012, dari http://library.um.ac.id/freecontents/download/pub/pub.php/38720.pdf. Tindangen, M. (2007). Implementasi Strategi Inkuiri Biologi SMP Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Didaktika, 8(2), 147-155. Diperoleh 5 Maret 2012, dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/8207147155_1411-3384.pdf. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasana, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Wati, D.T., Zubaidah, S., & Mahanai, S. (2009). Penerapan Model Inkuiri Dipadu Dengan Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan aktivitas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang. Jurnal Cendekia, 2(2), 11-22. Diperoleh 25 Februari 2012, dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/210 91122_1979-5688.pdf. Yeo, J.W. (2008). Incorporating Thinking Tools to Enhance Facilitation of Problem-Based Learning. Creative Studies Graduate Student Master’s Projects. Paper 127.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7977
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian adalah posttest only control design dengan menggunakan model guided inquiry pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sig sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectGuided Inquiryin_ID
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisin_ID
dc.titlePengaruh Model Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record