Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Prabowo, Chandra Adi
Ibrohim
Saptasari, Murni
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran abad 21 bertujuan mempersiapkan siswa agar mampu memecahkan berbagai
permasalahan yang terjadi pada masa yang akan datang. Pembelajaran abad 21 menuntut siswa
untuk menjadi pelajar aktif (active learners). Dalam konteks pembelajaran sains, pembelajaran
berorientasi untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mendapatkan dan mengolah
informasi melalui pola berpikir yang sistematis. Siswa dituntut untuk memiliki keterampilan
terintegrasi dalam melakukan proses sains seperti mengidentifikasi variabel, menafsirkan data,
merumuskan hipotesis, mendefinisikan secara operasional, dan melakukan percobaan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains terintegrasi siswa kelas X SMA Negeri
4 Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah siswa jurusan MIA kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo yang
berjumlah 229 siswa. Keterampilan proses sains diukur dengan menggunakan tes keterampilan
proses sains terintegrasi yang meliputi lima aspek keterampilan proses sains terintegrasi. Hasil
analisis keterampilan proses sains siswa menunjukkan pencapaian keterampilan proses sains siswa
masih tergolong rendah dan perlu untuk ditingkatkan.