dc.identifier.citation | Beetlestone, Florence. (2012). Creative learning: strategi pembelajaran untuk melesatkan kreativitas siswa. Bandung: Nus Media Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind Mapping Technique in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), 215–218. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010 Buzan, T. (n.d.). The Ultimate Book of Mind Maps ®. Doig, B., & Groves, S. (2011). Japanese Lesson Study : Teacher Professional Development through Communities of Inquiry, 13, 77–93. Evrekli, E., & Gunay, A. (2009). Mind mapping applications in special teaching methods courses for science teacher candidates and teacher candidates ’ opinions concerning the applications, 1(1), 2274–2279. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.400 Evrekli, E., Günay, A., & Bal, Õ. (2010). Development of a scoring system to assess mind maps, 2, 2330–2334. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.331 Fun, C. S., & Maskat, N. (2010). Teacher-Centered Mind Mapping vs Student-Centered Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U Level – An Action, 7(2), 240–246. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.034 Slfiani, A.H. & Pasaribu, M., 2015. Pengaruh Metode Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Berkomunikasi Tentang Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Biromaru. Jurnal Mitra Sains. Vol 3: 1-8. Syamsuri, I., & Ibrohim. 2011. Lesson study (Study Pembelajaran). Malang: UM Press. Munan dar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. | in_ID |
dc.description.abstract | Kehidupan masa depan menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan hidup abad 21
salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi
berbagai masalah kehidupan dengan cara-cara yang unik dan orisinil. Salah satu cara untuk mengembangkan
keterampilan ini adalah dengan menyisipkannya dalam pembelajaran. Peta pikiran atau yang dikenal dengan
Mind mapping adalah salah satu teknik belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas yang
merupakan hasil olah pikir kreatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study diterapkan dengan
tujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah Metodologi Penelitian semester
ganjil 2015/2016 melalui penggunaan teknik mencatat Mind mapping. Kriteria penilaian yang digunakan dalam
pembuatan Mind Map ini adalah kata kunci, tingkat cabang, desain warna, penggunaan simbol atau gambar, serta
kelengkapan materi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan
tiap pertemuan terdiri dari tahapan plan, do, dan see. Analisis data dilakukan dengan memperhatikan
pertumbuhan nilai hasil pembuatan Mind Map dari sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan kemampuan pembuatan Mind Map mahasiswa, yaitu dari rerata
62% sebelum tindakan menjadi 72, 2% pada akhir siklus I dan 85,6% pada akhir siklus II. Kegiatan Lesson Study
terlaksana dengan baik yaitu dengan rerata keterlaksanaan tahap plan adalah 94%, tahap do adalah 93% tahap
see adalah 100%. | in_ID |