dc.contributor.author | Setyanto, Haqqi Anajili | |
dc.contributor.author | Amin, Mohammad | |
dc.contributor.author | Lestari, Umie | |
dc.date.accessioned | 2016-12-09T01:59:33Z | |
dc.date.available | 2016-12-09T01:59:33Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Amin, M dan Lestari, U. 2015. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat Berbasis Mikrosatelite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya di FMIPA Universitas Negeri Malang. Amin, M. 2003. Characterization and application of molecular marker in Peking Duck and other waterfowl species..Goettingen: Cuviller Verlag Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Diakses dari http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/ uploads/2011/12/sosialisasi-kkni-nasional-dikti.pdf Mbulu, Joseph & Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Penerbit Elang Mas. Morris, S.R. 2001. Systematics, Taxonomy, and Phylogeny. Departement Of Biology: New York Nesis, K.N. 1998. Biodiversity And Systematics in Cephalopods: Unresolved Problems Require an Integrated Approach. South African Journal of Marine Science. ISSN: 0257-7615 (Print) (Online) Safitri, D., Zubaidah, S., dan Gofur, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Biolog Sel pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. BIOEDUKASI. Volume 7, Nomor 2 Westfall, Scottie. 2012. Morphology VS. Molecular Evidence in Determining Taxonomy and Phylogeny. Natural History. http://retrieverman.net/ Westfall, Scottie. 2012. Morphology vs. molecular evidence in determining taxohttp://retrieverman.net/ | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8013 | |
dc.description.abstract | Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata merupakan matakuliah yang membahas mengenai sistem pengelompokan hewan berdasarkan karakteristik morfologi, biokimia, tingkah laku, ekologi, dsb. Salah satu kajian penting dalam matakuliah ini adalah filogeni yang mempelajari hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. Seiring berkembangnya teknologi, pendekatan nyang digunakan pada matakuliah ini adalah analisis hubungan kekerabatan makhluk hidup berdasarkan data molekular.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan buku ajar pada matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata pada konsep pendekatan molekular untuk merekonstruksi taksonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan merujuk tahapan research and information collecting pada model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 96,6% mahasiswa belum pernah menggunakan buku ajar berbasis penelitian yang merujuk pada pendekatan molekular, 93,7% mahasiswa belum mengenal dengan baik mengenai pendekatan molekular untuk merekonstruksi filogeni organisme dan 90,3% mahasiswa memiliki konsep yang salah mengenai hasil filogeni pendekatan molekular. analisis kebutuhan buku ajar juga menunjukkan bahwa tidak ada buku ajar yan gmembahas mengenai pendekatan molekular pada matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | analisis kebutuhan | in_ID |
dc.subject | buku ajar | in_ID |
dc.subject | pendekatan molekular | in_ID |
dc.subject | model pengembangan Borg and Gall | in_ID |
dc.title | Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berdasarkan Model Pengembangan Borg And Gall Untuk Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |