• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel di Universitas Lampung

    Thumbnail
    View/Open
    138.pdf (410.3Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Maulina, Dina
    Sumitro, Sutiman Bambang
    Amin, Mohamad
    Lestari, Sri Rarayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar sebagai salah satu media pembelajaran menjadi penting peranannya bagi dosen dan mahasiswa, salah satu bentuknya berupa buku ajar. UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa dosen berkewajiban menulis buku ajar sebagai wahana sumber belajar guna pengembangan budaya akademik. Mata kuliah Biologi Sel merupakan salah satu mata kuliah dasar yang dianggap rumit bagi mahasiswa yang didalamnya memerlukan pendekatan pembelajaran secara kontekstual. Kontekstualisasi materi dari matakuliah dapat disajikan secara riil melalui buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan buku ajar pada mata kuliah Biologi Sel bagi mahasiswa di Universitas Lampung. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Lampung yang telah menempuh mata kuliah Biologi Sel tahun akademik 2015/2016. Kebutuhan bahan ajar bagi mahasiswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran dengan angket dan tanggapan mahasiswa diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa menggunakan buku ajar Biologi Sel sebagai salah satu rujukan penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Sebanyak 73,73% koresponden menjelaskan bahwa buku ajar dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran dan pemahaman mahasiswa, 53,33% mahasiswa mengungkap bahwa buku ajar yang digunakan selama ini belum merepresentasikan hasil-hasil riset (penelitian) kekinian yang terkait dengan materi perkuliahan, 61,67% mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi di perkuliahan Biologi sel yang berdampak pada hasil belajar mahasiswa yang rendah. Hal ini dibutuhkan solusi dalam pembelajaran untuk menyajikan materi perkuliahan yang kontekstual yang berisi materi kekinian terkait dengan kehidupan riil. Dengan demikian, diperlukan pengembangan buku ajar untuk mata kuliah Biologi Sel di Pendidikan Biologi Universitas Lampung guna mendukung kegiatan perkuliahan dan peningkatan pemahaman mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8036
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV