Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio 7 sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Setyorini, Evi Sulis
Tiyaswati, Isna
Faradilla, Lisa
Pratiwi, Rinta Dian
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah sebenarnya tidak hanya mendengarkan guru mengajar
apa saja yang ada di dalam buku, tetapi dalam pembelajaran juga bisa dimasukkan
mengenai pengalaman dalam belajar itu sendiri, sehingga lebih memahami materi.
Pengalaman langsung dalam pembelajaran bisa dimunculkan dengan melakukan kegiatan
praktikum ataupun pengamatan. Salah satu kendala dari pengadaan praktikum atau
pengamatan adalah penggunaan waktu yang menyita, bisa juga karena keterbatasan tempat
atau jangkauan pengamatan. Untuk materi Hukum Newton cukup banyak juga contoh di
dalam kehidupan sehari-hari. Jika melakukan pengamatan langsung dalam proses
pembelajaran akan dirasa bisa menyita waktu. Hal itu dapat diatasi dengan menunjukkan
video mengenai berbagai contoh aplikasi penggunaan Hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
Media video merupakan salah satu alternatif dari media pembelajaran yang bisa
digunakan dalam mengajar.Salah satu program untuk mengolah video itu adalah Camtasia
Studio 7. Dimana dengan penggunaan program ini kita bisa membuat video presentasi yang
ada pada layar (screen) komputer. Dengan menggunakan slide presentasi dan mengubahnya
dalam bentuk video dengan menyisipkan beberapa video ataupun gambar bisa
memudahkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Dengan pembuatan
media pembelajaran Fisika menggunakan video ini diharapkan dapat membuat suasana
dalam pembelajaran Fisika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, dengan
melihat video pembelajaran ini dapat menambah motivasi siswa untuk lebih semangat
belajar Fisika. Mengubah anggapan siswa tentang Fisika itu sulit menjadi berubah bahwa
sebenarnya Fisika itu ada di sekitar kehidupan kita dan mudah dipelajari.