Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Keterampilan Proses Sains
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Risnani, Listika Yusi
Subali, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL)
dalam meningkatkan kreativitas keterampilan proses sains (KPS) peserta didik kelas X pada materi
ekosistem dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain
nonequivalent (pretest-posttest) control group design Penelitian dilaksanakan pada peserta didik
kelas X SMA N 2 Banguntapan, Bantul pada Februari-Mei 2015. Populasi yang digunakan berupa
infinite population dengan sampel sebanyak 41 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas yaitu
kelas X1 (kelas eksperimen) dan kelas X3 (kelas control). Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan observasi dengan instrument berupa tes tertulis non objektif dan lembar observasi. Tes
tertulis non objektif digunakan untuk menghimpun data kreativitas keterampilan dasar (basic
skills) dan keterampilan menginvestigasi (investigative skills). Lembar observasi digunakan
sebagai pedoman obeservasi keterlaksanaan sintaks model PBL. Data dianalisis menggunakan
analisis covariat (ANCOVA) dengan kovariat berupa pretest kreativitas dalam KPS pada taraf
signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh sangat signifikan
dalam meningkatkan kreativitas keterampilan dasar (basic skills) pada taraf signifikansi 0,05
(0,00) dan keterampilan menginvestigasi (investigative skills) pada taraf signifikansi 0,05 (0,00).
Simpulan penelitian ini adalah bahwa model PBL berpengaruh sangat signifikan dalam
meningkatkan kreativitas keterampilan proses sains (KPS) pada materi ekosistem dan pencemaran
lingkungan peserta didik kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas X SMA N 2
Banguntapan, Bantul.