Show simple item record

dc.contributor.authorKharisma, Firlita Nurul
dc.contributor.authorHariyatmi
dc.date.accessioned2016-12-26T01:20:20Z
dc.date.available2016-12-26T01:20:20Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAgustina, P. (2015). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Smester IV Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Matakuliah Strategi Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. Fadlan, A. (2010). Strategi Peningkatan Keterampilan Calon Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif melalui MEI (Modelling, Engaging, and Integrating). KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar, Volume 1 (1): 22-32. Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora. Mailani, E. (2007). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Pendampingan (Mentoring). Penelitian Tindakan Sekolah. Mulyasa, H.E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pratiwi, I.H. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Soal HOT (Higher order Thinking) dan Kesesuaian Penulisan Soal di SMP Negeri 1 Kragan Rembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suryawati, E., Firdaus, L.N., & Yosua, H. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. Volume 11 (1): 67-72. Widoyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8055
dc.description.abstractGuru adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran dan calon guru harus melatih kemampuannya dalam merancang pembelajaran salah satunya dengan memahami Pedagogical Knowledge (PK). PK disebut juga sebagai kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang terdiri atas pemahaman terhadap siswa, perencanaan, implementasi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP. Populasi penelitian adalah 136 mahasiswa. Sampel diambil secara random sampling yaitu calon guru yang mengikuti PPL di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 berjumlah 20 mahasiswa, masing-masing tiga RPP. Kemampuan PK meliputi enam penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan PK calon guru Biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP tahun ajaran 2015/2016 termasuk baik, ditunjukkan dengan penggunaan metode/model 53,80% (cukup), penggunaan berbagai macam metode/model 63,95% (baik), jenis media pembelajaran 31,55% (kurang), pemilihan media sesuai dengan kegiatan pembelajaran 93,75% (sangat baik), menyusun alat evaluasi 48,10% (cukup), dan pemilihan ranah penilaian 73,85% (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP kategori baik (60,83%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectcalon guru biologiin_ID
dc.subjectpedagogical knowledgein_ID
dc.titleKemampuan Pedagogical Knowledge (PK) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record