dc.contributor.author | Kharisma, Firlita Nurul | |
dc.contributor.author | Hariyatmi | |
dc.date.accessioned | 2016-12-26T01:20:20Z | |
dc.date.available | 2016-12-26T01:20:20Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Agustina, P. (2015). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Smester IV Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Matakuliah Strategi Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. Fadlan, A. (2010). Strategi Peningkatan Keterampilan Calon Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif melalui MEI (Modelling, Engaging, and Integrating). KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar, Volume 1 (1): 22-32. Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora. Mailani, E. (2007). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Pendampingan (Mentoring). Penelitian Tindakan Sekolah. Mulyasa, H.E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pratiwi, I.H. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Soal HOT (Higher order Thinking) dan Kesesuaian Penulisan Soal di SMP Negeri 1 Kragan Rembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suryawati, E., Firdaus, L.N., & Yosua, H. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. Volume 11 (1): 67-72. Widoyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8055 | |
dc.description.abstract | Guru adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran dan calon guru
harus melatih kemampuannya dalam merancang pembelajaran salah satunya dengan memahami
Pedagogical Knowledge (PK). PK disebut juga sebagai kompetensi pedagogik yaitu kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran yang terdiri atas pemahaman terhadap siswa, perencanaan,
implementasi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP. Populasi penelitian adalah
136 mahasiswa. Sampel diambil secara random sampling yaitu calon guru yang mengikuti PPL di
sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 berjumlah 20 mahasiswa, masing-masing tiga RPP.
Kemampuan PK meliputi enam penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan PK
calon guru Biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP tahun ajaran 2015/2016 termasuk baik,
ditunjukkan dengan penggunaan metode/model 53,80% (cukup), penggunaan berbagai macam
metode/model 63,95% (baik), jenis media pembelajaran 31,55% (kurang), pemilihan media sesuai
dengan kegiatan pembelajaran 93,75% (sangat baik), menyusun alat evaluasi 48,10% (cukup), dan
pemilihan ranah penilaian 73,85% (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan PK calon guru biologi FKIP UMS dalam menyusun RPP kategori baik (60,83%). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | calon guru biologi | in_ID |
dc.subject | pedagogical knowledge | in_ID |
dc.title | Kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |