dc.identifier.citation | Firdaus, L. N. & Arief R. H. (2014). Trend 25 Tahun (1988-2012) Penelitian Tugas Akkhir Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Biogenesis. Vol. 10. No. 2. Jenkin, E.W. 2001. Research in Science Education in Europe: Retrospect dan Prospect. Research in Science Education Past Present dan Future. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher. Kuncoro, M. (2015). Menulis Skripsi/ Thesis Dalam 60 Hari. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Saebani., B. A. N. K. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : CV Pustaka Setia. Sudarisman, S. (2013). Analisis Kecenderungan Metode Penelitian Skripsi Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNS. Skripsi. FKIP: UNS. Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. Widodo, A. (2009). Gambaran Penelitian Pendidikan Biologi: Perkembangan Penelitian di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Asimilasi. Vol. 1 No. 1. | in_ID |
dc.description.abstract | Skripsi merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa sebagai
syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kecenderungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam menyeleseikan
Skripsi Tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan
metode dokumentasi. Strategi dalam penelitian ini menggunakan model survei untuk memperoleh
dan memaparkan data, sehingga hasilnya dapat menggambarkan secara utuh dan mendalam
tentang relitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi. Teknik analisis data yang digunakan
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bidang penelitian yang dipilih Mahasiswa yaitu
terapan (44,8%), pendidikan (28,5%), dan murni ( 26,7%). Pendekatan penelitian yang dipilih
mahasiwa adalah kuantitatif (46,5%), kombinasi (34,3%), serta kualitatif (19,2%). Metode
penelitian yang dipilih mahasiswa eksperimen (85,5%), deskriptif (11,0%), PTK (2,9%), dan
eksplorasi (0,6%). | in_ID |