Mengukur Kinerja Pelayanan Pendidlkan Dengan Skala Guttman (Kasus Di Perguruan Tinggi "X" Program Sistem Informasi Komputer)
Abstract
Peningkatan mutu berkelanjutan sangat di harapkan gllna mencapai tujuan yang ditetapkannya. Penelitian ini meliputi tiga aspek yaitu Academic atmosphere (suasana akademis yang menunjukkan tingkat kepuasan peran dari seluruh sivitas akademika sebagai persyaratan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar yang kondusif, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing). Labor market (yang ditunjukkan dengan langkah-langkah penyesuaian ant ara kurikulum dan fasilitas penunjang dengan kebutuhan lapangan kerja), serta accountability (yang menunjukkan derajat kepedulian penyelenggaraan aktivitas di dalam institusi dengan tuntutanfungsi Tri Dharma pendidikan tinggi). Penelitian ini di maksudkan sebagai evaluasi guna mengetahui kinerja pelayanan lembaga pendidikan perguruan tinggi "X", di jurusan sis/em informasi komputer. Metode analasis yang digunakan validitas angket, reliabilitas dan skala guttman at au analisa skala (scale analisis) yang sangat baik untuk meyakinkan peneliti tentang kesatuan dimensi dari sikap atau sifat yang diteliti, yang disebut isi universal (universe of content) atau atribut universal (universe attribute). Obyek penelitian di lakukan di perguruan tinggi .'X", jurusan sistem informasi komputer. Pengambilan data berdasarkan pada observasi, dokumentasi dari data empiris, angket, interview, teori yang relevan. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 mahasiswa, terdiri atas /5 mahasiswa semester J, J 5 mahasiswa 3, J 0 mahasiswa semester 5 dan J 0 mahasiswa semester 7 yang di ambit secara random. Berdasarkan hasil ana/isis dengan skala guttmon, maka di peroleh hasil (Sangat memuaskan/sangat setuju = J 3 butir), (Puas I setuju = 9 butir), (Tidak Puas Tidak Setuju = J butir) (Sangat tidak puas/sangat tidak setuju = / butir). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa lebih dari 85% pelayanan di jurusan sistem informasi komputer telah memberikan kepuasan. Sekalipun telah mendapatkan 85% kepuasan dari pengguna, pihak manajemen harus berusaha meningkatkan mutu pelayanan atas skor item yang kurang memuaskan dan mempertahankan bagi skor item yang telah memberikan kepuasan. Hasil
penelitian ini merupakan sebagian dari peran QA (Quality Assurance) yang baru saja diterapkan secara aktif dan profesional di program studi perguruan tinggi "X" di bawah kendali manajer peningkatan akademik (pembantu ketua I). Di harapkan evaluasi ini memberikan dukungan peran QA untuk lebih memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pendidikan yang berlangsung.