Show simple item record

dc.contributor.authorSuranto
dc.date.accessioned2017-03-01T02:32:06Z
dc.date.available2017-03-01T02:32:06Z
dc.date.issued2010-10-24
dc.identifier.citationDjamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukati., PT Rineka Cipta. Jakarta Istiningsih, 2010, Technopreneurship Sebagai Pemberdayaan dan Pendampingan Petani, Makalah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Istiningsih. 2008. Model Pendampingan Berbasis Among Dalam Penyuluhan Pertanian Padi Organik di Sleman Yogyakarta. Disertasi, PPs Doktor. UNY Yogyakarta. Istiningsih. 2010. Proposal Model Pembelajaran Interaktif Partisipatif Berorientasi Wirausaha. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Remaja Rosdakarya. Bandung Qomarun, 2000. BPK Kewirausahaan. Jurusan Arsitektur. FT. UMS. Surakarta. Soenarto. 2006. Metodologi Penelitian dan Pengembangan Kejuruan. Materi Kuliah Doktor. UNY Yogyakarta. Sudjana S., D. 2004. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Falah Production. Bandung Sudjana, Nana dan Ibrahim, 1989. Penelitian Pendidikan. Sinar Baru. Bandung Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung. Suherman. Eman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung. Usman, Uzer. 2000.Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya. Bandungin_ID
dc.identifier.issn2301-8550
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8200
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran kewirausahaan berbasis partisipatif interaktif guna meningkatkan keberdayaan tenant (peserta didik). Model pembelajaran kewirausahaan berbasis partisipatif interaktif dengan pembinaan pendamping dengan cara fasilitasi dan pembinaan yang dikembangkan secara terintegrasi dan berlapis. Struktur model pembelajaran ini terdiri dari : 1)pendampingan/pengajar, 2) tenant (peserta didik) dan, 3) pembelajaran kewirausahaan. Di dalam validasi model ini, data di ambil secara random dari 70 tenant (peserta didik) yang telah mendapat pendampingan pembelajaran kewirausahaan partisipatif interaktif di dua program studio Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data penelitian ini dengan angket. Metode yang di gunakan dalam uji coba lapangan adalah eksperimen semu dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest-postest control group design). Subjek uji coba sebanyak 30 tenant di dua program studi yang telah memperoleh pembelajaran kewirausahaan partisipatif interaktif. Jumlah sampel ditentukan dengan Nomogram Harry King yang diambil secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data penerapan model yang digunakan adalah AKANOVA. Kecenderungan perilaku tenant (peserta didik) dalam pembelajaran kewirausahaan dalam meningkatkan keberdayaan diamati secara periodik. Pengambilan data untuk mengukur kecenderungan perilaku keberdayaan tenant adalah observasi, dan trend analysis dari 8 tenant. Hasil validasi penerapan model dengan nilai probability (P) 0.0866, Goodness offit model (GFf) 0.8240, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0.8822, Comparative Fit Index (CFI) 0.9228 dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0.0297. Angka tersebut memiliki makna bahwa model pembelajaran kewirausahaan berbasis partisipatif interaktif" dapat diterapkan di . lapangan. Hasil penerapan model pembelajaran kewirausahaan berbasis partisipatif interaktif sebagai model, terbukti efektif meningkatkan keberdayaan tenant. Hasil kecenderungan tersebut meningkat sesuaiformula Yt=3,236+0,276*t.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherFakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakartain_ID
dc.subjectpembelajaran partisipatif interaktif kewirausahaanin_ID
dc.subjectkeberdayaan tenantin_ID
dc.titlePEMBELAJARAN KEWlRAUSAHAAN BERBASIS PARTISIPATIF INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEBERDAYAAN TENANTin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record