• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penilaian Risiko Faktor Keterlambatan Shipment Loading Pada Divisi Fatty Acid Departemen Oleochemical PT. XYZ Menggunakan Pendekatan House Of Risk

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 134.pdf (322.4Kb)
    Date
    2017-03-22
    Author
    Hidayat, Togik
    Basuki, Minto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Risiko akan selalu ada dalam setiap kegiatan operasional perusahaan, mulai kegiatan awal proses sampai akhir kegiatan proses operasional perusahaan. Risiko ini dapat menyebabkan kerugian atau berkurangnya pendapatan, jika risiko tersebut tidak dapat dikenali dan dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian risiko faktor keterlambatan shipment loading pada PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang perkebunan kelapa sawit, biji minyak (crude palm oil), crucing biji kelapa sawit, penyulingan minyak nabati, pembuatan gula rafinasi, oleokimia, biodiesel, dan pupuk pertanian. Selama tahun 2016 dan sebelumnya, terjadi kendala operasional akibat adanya risiko yang tidak tertangani sehingga berpotensi menimbulkan kerugian. Kendala operasional tersebut terjadi pada kegiatan operasional shipment loading divisi Fatty Acid departemen Oleochemical. Analisis data untuk identifikasi dan penilaian risiko diambil selama kegiatan operasional shipment loading yang melibatkan divisi jetty sebagai pembuat jadwal dan standart operational procedur dan divisi Fatty Acid sebagai bagian operasional. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode House of Risk. Analisis dilakukan dengan urutan mengidentifikasi risk agent, penentuan risk event keterlambatan shipment loading, penentuan peringkat risiko menggunakan risk mapping berdasarkan risk priority index dan merancang strategi mitigasi yang sesuai berdasarkan peringkat risiko. Risk agent yang teridentifikasi adalah metode flushing yang tidak sesuai dan standar operational procedur shipment loading. Risk event yang teridentifikasi adalah pada kegiatan flushing, Sounding, Start Blanketing, storage tank cleaning dan standart operational procedure yang tidak sesuai dengan quantity dan cargo. Risk agent dilakukan mitigasi dengan strategy stock, multiple route, contract penalty, and coordination.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8584
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV