Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Sulistyaningsih, Sarwendah
Wijayanti, Anita
Masitoh, Endang
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate social
responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating.
Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur di Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2013-2015 yang berjumlah 40
perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunkan metode purposive sampling.
Terdapat 12 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis
data meliputi (1) Statistik Deskriptif (2) Uji Asumsi Klasik meliputi Normalitas,
Multikoleniaritas, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi (3) Pengujian Regresi Linear
Berganda meliputi (a) Koefisien Determinasi, (b) Uji Statistik F (c) Uji Statistik t (4)
Pengujian Hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan analisis jalur
atau path analysis. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi Corporate social responsibility
yang secara langsung mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 16,3% dan kontribusi
profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 30,1%. Sedangkan kontribusi Corporate
social responsibility dan Profitabilitas bersama-sama secara langsung mempengaruhi nilai
perusahaan sebesar 44,1%. Sisanya sebesar 55,9% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate social
responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu
memperkuat hubungan pengungkapan Corporate social responsibility dan nilai perusahaan
pada perusahaan manufaktur di Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode tahun 2013-2015.