Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Sales Growth dan CSR Terhadap Tax Avoidance
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Mahanani, Almaidah
Titisari, Kartika Hendra
Nurlaela, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Tax avoidance merupakan upaya meminimalkan beban pajak dengan memanfaatkan
kelemahan- kelemahan (loophole) undang- undang perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji lebih lanjut pengaruh karakteristik perusahaan, sales growth dan Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap tax avoidance. Dalam penelitian ini karakteristik perusahaan
menggunakan variabel ukuran perusahaan, umur perusahaan, komisaris independen dan komite
audit. Selain variabel tersebut juga disebutkan variabel bebas lainnya yaitu sales growth dan
CSR yang diperkirakan mampu memberikan pengaruh terhadap tax avoidance sebagai variabel
terikat yang diproksikan melalui Cash Effective Tax Rates (CETR). Sumber data dalam
penelitian ini adalah data laporan keuangan tahunan (annual report) perusahaan manufaktur
sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu
www.idx.co.id sebanyak 67 perusahan periode tahun 2013 – 2015. Jumlah populasi diperoleh
sebanyak 201 perusahaan, selanjutnya sampel penelitian ini didapat dengan teknik purposive
sampling yang menghasilkan sampel yang berjumlah 99 perusahaan untuk dilakukan penelitian
lebih lanjut. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Untuk
ketepatan perhitungan dalam olah data penelitian menggunakan program SPSS (Statistical
Product and Service Solution) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur
perusahaan dan komite audit berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan ukuran
perusahaan, komisaris independen, sales growth dan CSR tidak berpengaruh terhadap tax
avoidance.