Peran Pemasaran Industri Dalam Keilmuan Teknik Industri
Abstract
Semakin bertumbuhnya industri baru di Indonesia memberikan manfaat bagi industri yang
telah ada, khususnya bagi industri penghasil produk yang menjadi bahan baku untuk industri
lain. Permintaan bahan baku oleh industri lama dan industri baru mendorong industri lain
meningkatkan kegiatan produksinya, sehingga antara industri yang satu dengan industri
lainnya berusaha untuk bekerja sama. Pada kondisi seperti ini, pemasaran industri akan
mucul ke permukaan. Di negara-negara industri dan negara-negara yang sedang menuju
industrialisasi, peran pemasaran industri terlihat jelas, semakin lama menjadi semakin penting
dalam perusahaan dan industri. Dalam era industrialisasi semua perusahaan baik itu industri
besar, industri sedang, maupun industri kecil sangat memerlukan pemasaran industri, sebab
disiplin ilmu ini mampu membantu perusahaan untuk menghadapi persaingan yang ketat.
Makalah ini membahas definisi pemasaran industri, ruang lingkup pemasaran industri,
pentingnya pemasaran industri, perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumsi,
dan tentang hubungan pemasaran industri dengan beberapa disiplin ilmu lain. Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui peran pemasaran industri dalam keilmuan
teknik industri. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan makalah adalah
literature review.
Berdasarkan uraian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemasaran industri
mempunyai hubungan dengan beberapa disiplin ilmu lain dan memiliki peran penting dalam
keilmuan teknik industri.