Pengaruh Implementasi Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus di Gendhis Bag)
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Allamsyah, Zuhdi
Nuha, Nafis Ulin
Zachary, Kiki Musfika
Wijaya, Wirdha Novianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
Isu mengenai pencemaran lingkungan menjadi masalah yang sedang disoroti oleh masyarakat
luas. Pencemaran seringkali dikaitkan dengan keberadaan suatu kegiatan industri yang
melibatkan penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan sekitar. Dengan
adanya kesadaran konsumen akan pentingnya pelestarian lingkungan, serta hak-haknya untuk
mendapatkan produk yang layak, aman dan ramah lingkungan, maka perusahaan menerapkan
isu-isu lingkungan sebagai salah satu strategi pemasarannya atau yang dikenal dengan green
marketing. Green marketing dalam perusahaan meliputi beberapa hal seperti proses produksi,
proses penentuan harga, proses promosi, dan proses distribusi. Gendhis Bag merupakan salah
satu industri kreatif di Yogyakarta yang menerapkan green marketing sebagai salah satu
strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi green
marketing terhadap keputusan pembelian konsumen melalui pendekatan marketing mix.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan
pengisian kuisioner oleh 53 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis multivariat dengan menggunakan metode regresi logistic multinomial. Metode
ini digunakan sebab keputusan pembelian sebagai variabel dependen merupakan variabel
kategorik yang memiliki lebih dari 2 kategori. Disisi lain bentuk variabel independennya juga
berupa vaiabel kategorik. Dengan metode ini dianalisis pengaruh independen terhadap
variabel dependennya. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, indikator-indikator
green marketing yang secara statistik signifikan mempengaruhi keputusan pembelian
pelanggan terhadap produk Gendhis Bag. Nilai koefisien determinasi Nagelkerke yang
didapatkan adalah sebesar 0,938 yang berarti bahwa 93,8% variabel green marketing
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari uji parsial, variabel product dan promotion
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel price dan place tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian.