dc.identifier.citation | 47 Relaksasi Dzikir (Setiyo Purwanto) Bahjad, Ahmad. 1998. Mengenal Allah, terjemahan. Bandung : Pustaka Hidayah Dewi, C., 1998. Efektifitas Pelatihan Relaksasi untuk Mengurangi Ketegangan Terbang pada Siswa Sekolah Penerbang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Goldfried, M.R. and Trier, C.S., 1974. Effectivesness of Relaxation as an Active Coping Skill. Journal of Abnormal Psychology, 83, 4, 348-355 Lichstein, KL., Johnson, RS., 1993. Relaxation for Insomnia and Hypnotic Medication Use in Older Women. Psychology and Aging vol 8 No. 1 103-111 Testimony of Herbert Benson before the US House of Representatives, November 1997, Role of the Mind in Physical Healing and Health. American Psychological Association http://www.apa.org/ ppo/benson.hmtl Sangkan, A. 2002. Berguru Kepada Allah. Bukit Thursina : Jakarta Sangkan, A 2004. Pelatihan Sholat Khusyu, Sholat Sebagai Meditasi Tertingi dalam Islam. Jakarta : Baitul Ihsan Sholeh, Moh., 2002 Mengapa dan Bagaimana Salat tahajud Menyehatkan Tinjauan dari Aspek Psikoneuroimunologi, Makalah Seminar. Shawan R. C,. 2000. Cognitive-Behavioral of Insomnia Secondary to Chronic pain. Journal of Consulting and Clinical Psychology Vol 68. No. 3, 407 – 416 Utami, Muhana., 2002. Prosedurporsedur Relaksasi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Prawitasari, J.E., 1988. Pengaruh Relaksasi Terhadap Keluhan Fisik: Suatu Studi Eksperimental. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM Benson, Herbert. MD., 2000. Dasardasar Respon Relaksasi: Bagaimana menggabungkan respon Relaksasi dengan Keyakinan Pribadi Anda (terjemahan). Bandung: Mizan Benson, Herbert. MD., 2000. Respon Relaksasi: Teknik Meditasi Sederhadan Untuk Mengatasi Tekanan Hidup (terjemahan). Bandung: Mizan | en_US |
dc.description.abstract | Islam sebagai sebuah institusi agama, memiliki berbagai
khasanah yang dapat dikaji secara psikologi. Fenomena-fenomena
ritual keislaman belum banyak diteliti, misalnya ritual dzikir.
Hasil pengembaraan intelektual-spiritual penulis mengambil sebuah
kesimpulan bahwa aspek Dzikir (ingat Allah) adalah meditasi,
relaksasi, pengalaman trasendental, yang ada kaitannya dengan
penurunan gangguan mental dan timbulnya efek-efek positif seperti
ketenangan atau kestabilan emosi yang sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia. | en_US |