• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menggunakan Media Audio Visual Bagi Pengetahuan Guru di SMKN X Wonosari

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 032.pdf (143.0Kb)
    Date
    2017-03-22
    Author
    Ardi, Subhan Zul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran audiovisual merupakan salah satu cara penyampaian komunikasi dalam promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penggunaan metode ini dalam dunia pendidikan salah satu langkah efektif sehingga ketiga aspek didalamnya yaitu afektif, kognitif dan psikomotor tercapai. Guru sebagai pembina memiliki peran dalam pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja. K3 sebagai salah satu aspek penting dalam kegiatan industri seharusnya diajarkan sejak dari lingkup sekolah karena dengan K3 risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat dicegah. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan pengetahuan K3 menggunakan metode audiovisual, dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 orang, dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria guru di bagian bengkel yang berhubungan dengan keselamatan siswa adalah 31 orang. Analisa bivariate menggunakan Paired T Test. Berdasarkan eksperimen kepada 31 guru didapatkan hasil bahwa ada perbedaan signifikan pengetahuan K3 guru sebelum diberikan materi menggunakan metode audiovisual dengan setelah diberikan materi menggunakan metode audiovisual. Hasil yang diperoleh menggunakan metode Paired T Test adalah skor Pre Test 9,29 dan skor Post Test 17,55, sehingga ada perbedaan signifikan yaitu -8,258 atau ada peningkatan pengetahuan guru mengenai K3 setelah diberikan materi menggunakan metode audiovisual. Disimpulkan metode audiovisual efektif sebagai sarana peningkatan pengetahuan atau sebagai sarana promosi K3.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8703
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV