dc.contributor.author | Mahmud, Abdullah | |
dc.date.accessioned | 2012-04-19T05:59:54Z | |
dc.date.available | 2012-04-19T05:59:54Z | |
dc.date.issued | 2005-11 | |
dc.identifier.citation | Abu Walid Ibnu Rusyd, 1972. Fasl al- Maqal fima Bain al-Hikmah wa al-Syariah min al-Inttishal. Ditahqiq oleh Muhammad Imarah. Mesir: Daar al-Maarif. Abd ar Rahman Ibnu Khaldun, t.th. Muqaddimah Ibnu Khaldun. Beirut: Daar al-Jil. Ernst Renan, 1957. Ibnu Rusyd wa al- Rusydiyah, terjemahan dari bahasa Jerman oleh ‘Adil Zu’aitir. Kairo: Daar al-Ihya al Kutub al- ‘Arabiyah. Do,imique Urvoy. 1991. Ibnu Rusyd (Averroes). London: London and New York. Ibnu Rusyd. 1901. Tahafut al-Tahafut. Kairo t.p. ——. 1964. Manahij al-Adillah fi Aqaid al-Millah, Ditahqiq Mahmud Qosim. Mesir: Maktabah al- Anjalu al Misriyah. Muhammad ‘Atif ‘Iraqi, 1980. Al-Manhaj al-Naqdiy fi Falsafat Ibn Rusyd, cet I. Kairo: Daar al-Ma’arif. | en_US |
dc.identifier.issn | 0852-368X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/873 | |
dc.description.abstract | Untuk mengetahui perhatian Ibnu Rusyd terhadap Ilmu Kalam,
perlu diutarakan terlebih dahulu kategorisasinya terhadap kelompokkelompok
pencari kebenaran. Dalam pandangannya manusia (dalam
agama) dapal dibagi menjadi tiga kalegori. Pertama, golongan
orang yang bukan ahli ta’wil, dan mereka adalah Khithabiyyun
(retoris) yang merupakan mayoritas. Kedua, golongan ahli ta’wil
(jadali) dan mereka adalah Jadaliyyun (dialektis), dan Ketiga,
golongan ahli ta’wil sungguh-sungguh, dan mereka adalah
Burhaniyyun (demonstratif). Ibnu Rusyd lebih menekankan aspek
burhaniyyun dalam pencari kebenaran karena aspek ini akan
mengantarkan seseorang pada pemikiran falsafi yang mempunyai
tingkat keyakinan yang tinggi. | en_US |
dc.subject | Ibnu Rusyd | en_US |
dc.subject | Kalam | en_US |
dc.subject | kebenaran | en_US |
dc.title | PERHATIAN IBNU RUSYD TERHADAP KALAM | en_US |
dc.type | Article | en_US |