Show simple item record

dc.contributor.authorMahmud, Abdullah
dc.date.accessioned2012-04-19T05:59:54Z
dc.date.available2012-04-19T05:59:54Z
dc.date.issued2005-11
dc.identifier.citationAbu Walid Ibnu Rusyd, 1972. Fasl al- Maqal fima Bain al-Hikmah wa al-Syariah min al-Inttishal. Ditahqiq oleh Muhammad Imarah. Mesir: Daar al-Maarif. Abd ar Rahman Ibnu Khaldun, t.th. Muqaddimah Ibnu Khaldun. Beirut: Daar al-Jil. Ernst Renan, 1957. Ibnu Rusyd wa al- Rusydiyah, terjemahan dari bahasa Jerman oleh ‘Adil Zu’aitir. Kairo: Daar al-Ihya al Kutub al- ‘Arabiyah. Do,imique Urvoy. 1991. Ibnu Rusyd (Averroes). London: London and New York. Ibnu Rusyd. 1901. Tahafut al-Tahafut. Kairo t.p. ——. 1964. Manahij al-Adillah fi Aqaid al-Millah, Ditahqiq Mahmud Qosim. Mesir: Maktabah al- Anjalu al Misriyah. Muhammad ‘Atif ‘Iraqi, 1980. Al-Manhaj al-Naqdiy fi Falsafat Ibn Rusyd, cet I. Kairo: Daar al-Ma’arif.en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/873
dc.description.abstractUntuk mengetahui perhatian Ibnu Rusyd terhadap Ilmu Kalam, perlu diutarakan terlebih dahulu kategorisasinya terhadap kelompokkelompok pencari kebenaran. Dalam pandangannya manusia (dalam agama) dapal dibagi menjadi tiga kalegori. Pertama, golongan orang yang bukan ahli ta’wil, dan mereka adalah Khithabiyyun (retoris) yang merupakan mayoritas. Kedua, golongan ahli ta’wil (jadali) dan mereka adalah Jadaliyyun (dialektis), dan Ketiga, golongan ahli ta’wil sungguh-sungguh, dan mereka adalah Burhaniyyun (demonstratif). Ibnu Rusyd lebih menekankan aspek burhaniyyun dalam pencari kebenaran karena aspek ini akan mengantarkan seseorang pada pemikiran falsafi yang mempunyai tingkat keyakinan yang tinggi.en_US
dc.subjectIbnu Rusyden_US
dc.subjectKalamen_US
dc.subjectkebenaranen_US
dc.titlePERHATIAN IBNU RUSYD TERHADAP KALAMen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record