Show simple item record

dc.contributor.authorDarmastuti, Murni
dc.contributor.authorSetyaningsih, Nining
dc.date.accessioned2017-06-06T05:48:24Z
dc.date.available2017-06-06T05:48:24Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Fuadi, Rahmil. 2012. Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Permainan Mahyong di Taman Kanak-kanak Dharmawati Lubuk Basung 1(1).Jurnal Pesona Paud. Diakses pada 9 Mei 2017, dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/view/1654/1424 [2] Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta. [3] Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [4] Astuti, Siwi P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika, 5(1). Jurnal Formatif. Diakses pada 19 Oktober 2016, dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/167/160 [5] Arvina., Budiyono., & Nugraheni, P. 2015. Pengaruh Komunikasi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di Kecamatan Purwodadi, 13(3). Jurnal Pendidikan Matematika. Diakses pada 30 September 2016, dari http://ejournal.umpw r.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1846 [6] Transpawa, Hardintya R., Santosa, Djoko., & Subarno, Anton. 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa dan Komunikasi Interpersonal Guru dengan siswa terhadap Prestasi Belajar, 3(2). Journal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Diakses pada 28 September 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pap/article/view/4572 [7] Owoeye, Joseph S., & Yara, P. O. 2011. School Facilities and Academic Achievement of Secondary School Agricultural Science in Ekiti State, Nigeria, 7(7). Asian Social Science. Diakses pada 30 September 2016, dari http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/viewFile/11224/7985 [8] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. [9] Syarifuddin, Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, XIV (01). Ta’dib. Diakses pada 26 Desember 2016, dari http://jurnal.radenfatah.ac.id. [10] Retnowati, Sri,. & Budiyono. 2015. Hubungan Fasilitas, Kemandirian, dan Kecemasan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2015/2016. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016. Diakses pada 7 Januari 2017, dari ejournal.umpwr.ac.id. [11] Mukhlis, Yoga M., &Sanhadi, Khusnul C.D. 2016. Kontribusi Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematik terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding: ISSN 2502-6526. Diakses pada 25 Desember 2016, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id. [12] Lomibao, Laila S., Luna, Charita A., & Namoco, Rhoda A. 2016. The Influence of mathematical Communication on Students’ Mathematics Perform, 4(5). American Journal of Education Research. Diakses pada 7 Januari 2017, dari pubs.sciepub.com/education/4/5/3in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8755
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji dukungan kemampuan awal, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui komunikasi matematik, (2) menganalisis dan menguji dukungan kemampuan awal, dan fasilitas belajar secara langsung terhadap komunikasi matematik, (3) menganalisis dan menguji dukungan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta yang berjumlah 234 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 69 siswa yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data: uji normalitas dengan liliefors, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian: (1) terdapat dukungan kemampuan awal, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui komunikasi matematik sebesar 0,540. (2) terdapat dukungan kemampuan awal, dan fasilitas belajar secara langsung terhadap komunikasi matematik sebesar 0,464. (3) terdapat dukungan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,4851.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectkemampuan awalin_ID
dc.subjectkomunikasi matematikin_ID
dc.subjectfasilitas belajarin_ID
dc.titleDukungan Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar Terhadap Komunikasi Matematik dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 12 Surakarta Tahun 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record