dc.contributor.author | Widyawati, Rires | |
dc.contributor.author | Ariyanto, Ariyanto | |
dc.date.accessioned | 2017-06-06T05:52:43Z | |
dc.date.available | 2017-06-06T05:52:43Z | |
dc.date.issued | 2017-05-14 | |
dc.identifier.citation | [1] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [2] Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. [3] Lestari, Kurnia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. [4] Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. [5] Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [6] Mustokiyah dan Soegino. 2013. “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar.” E-Journal UNESA 1(2). Diakses pada 30 September 2016 (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/2370). [7] Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Kartasura: Fairuz Media [8] Arifin Handoyono, Nurcholish, dan Zainal Arifin. 2016. “Pengaruh Inquiry Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau dari Motivasi Belajar” Jurnal Pendidikan Vokasi 6(1). Diakses pada 2 Oktober 2016 (http://jurnal.uny.ac.id/index.php/jpv). [9] Yuliana, Tri, Tri Atmojo Kusmayadi, Imam Sujadi. 2016. “Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Writing Activities dan Model Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Baris dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2014/2015.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(3). Diakses pada 3 Oktober 2016 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id). [10] Astuti, Puji, Lulus, Ronaldo Kho dan Matius Pai’pinan. 2016. “Evektivitas Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas VI SDN Inpres Kotaraja Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya 2(1). Diakses pada 3 Oktober 2016 (http://ejournal.unicen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/248). [11] Komsatun, Siti, Riyadi, dan Imam Sujadi. 2013. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Heads Together dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Ditinjau dari Keaktifan Belajar.” Journal Elektronik Pembelajaran Matematika 1(7). Diakses pada 3 Oktober 2016 (http://jurnal.pasca.uns.ac.id). | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8756 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) Menganalisis dan menguji interaksi strategi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi penelitian ada tujuh kelas yaitu siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan PBL dan kelas control yang diberi DL. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari keaktifan belajar siswa, (3) tidak ada interaksi strategi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | discovery learning | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.subject | keaktifan belajar siswa | in_ID |
dc.subject | problem based learning | in_ID |
dc.title | Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Based Learning (PBI) dan Discovery Learning (DI) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |