Show simple item record

dc.contributor.authorNingsih, Cahyo
dc.contributor.authorHW, Slamet
dc.date.accessioned2017-06-14T02:02:26Z
dc.date.available2017-06-14T02:02:26Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Baswedan, Anies. 2014. “ Hasil Ujian Nasional SMP” (online), (litbang.kemdikbud.go.id/index.php/statplanet-litbang/ujian nasional/hasi-ujian-nasional-smp, diakses tanggal 9 oktober 2016). [2] Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS press [3] Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS. (online) (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss, diakses tanggal 7Oktober 2011) [4] Kompri.2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya [5] Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia [6] Apriliana, Arifa, Dkk. 2015.“Eksperimen Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas XI SMA Sekabupaten Kudus Tahun 2013/2014”.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume7, Nomor 5 :106-110 ISSN: 2239-1685 [7] Gutami, Eprina Eksa. 2015. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta [8] Aspriyani, Rizki, dkk. 2014. “Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Bumbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pokok Materi Persamaan Linier Satu Variable (PLSV) Pada Siswa SMP Negeri Di Kota Surakarta”. ”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume 2, Nomor 6: 643-654, ISSN: 1338-1685 [9] Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada [10] Nasrun. 2016. “ The Use of Cooperative Learning With Number Head Together Model to Improve the Students’ Mathematics Subject”. JOSR Journal of Mathematics, Volume 12, e-ISSN: 2278-5728 [11] Padmavathy dan Mareesh. 2013. “ Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics”. International Multidiscplinary e-Journal. 2(1). 45-51 [12] Fitriana, Laela. 2016. “Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Jigsaw dan Bambo Dancing Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8773
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random.sampling sehingga sampel yang di dapatkan yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectProblem Based Learninin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectNumbered Head Togetherin_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.titlePenelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Based Learning dan Numbered Head Together serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertamain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record