dc.identifier.citation | [1] Baswedan, Anies. 2014. “ Hasil Ujian Nasional SMP” (online), (litbang.kemdikbud.go.id/index.php/statplanet-litbang/ujian nasional/hasi-ujian-nasional-smp, diakses tanggal 9 oktober 2016). [2] Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS press [3] Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS. (online) (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss, diakses tanggal 7Oktober 2011) [4] Kompri.2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya [5] Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia [6] Apriliana, Arifa, Dkk. 2015.“Eksperimen Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas XI SMA Sekabupaten Kudus Tahun 2013/2014”.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume7, Nomor 5 :106-110 ISSN: 2239-1685 [7] Gutami, Eprina Eksa. 2015. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta [8] Aspriyani, Rizki, dkk. 2014. “Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Bumbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pokok Materi Persamaan Linier Satu Variable (PLSV) Pada Siswa SMP Negeri Di Kota Surakarta”. ”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume 2, Nomor 6: 643-654, ISSN: 1338-1685 [9] Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada [10] Nasrun. 2016. “ The Use of Cooperative Learning With Number Head Together Model to Improve the Students’ Mathematics Subject”. JOSR Journal of Mathematics, Volume 12, e-ISSN: 2278-5728 [11] Padmavathy dan Mareesh. 2013. “ Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics”. International Multidiscplinary e-Journal. 2(1). 45-51 [12] Fitriana, Laela. 2016. “Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Jigsaw dan Bambo Dancing Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |