Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2016/2017
dc.contributor.author | Yuniati, Emi | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2017-06-14T02:26:03Z | |
dc.date.available | 2017-06-14T02:26:03Z | |
dc.date.issued | 2017-05-14 | |
dc.identifier.citation | [1] Adegoke, Benson Adesina. 2013. “Modeling the Relationship between Mathematical Reasoning Ability and Mathematics Attainment”. Journal of Education and Practice,4(17): 54-61. [2] Ayal, Carolina. S., dkk. 2016. “The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy”. Journal of Education and Practice, 7 (25): 51. [3] Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [4] Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. [5] Djumaliningsih, Nosa Putri, dkk. 2012. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Yang Berorientasi Pada Penemuan Terbimbing Dengan Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika”. JMEE, II (2): 132-133. [6] Huda, Miftahul. 2013. Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [7] Mufidah, Choirul. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dan Hasil Belajar Matemaika Siswa Kelas VII MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah, IAIN. [8] Santoso, Rahmad. 2013. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Examples Non Examples Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar Matemaika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa”. Skripsi. Surakarta: FKIP, UMS. [9] Sutama. 2016. Metodde Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Kartasura: Fairus Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8774 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh metode pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran Examples Non Examples dengan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dan sampel penelitian seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α=5% adalah (1) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Examples Non Examples dan kemampuan penalaran matematika terhadap hasil belajar matematika. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | metode exampes non examples | in_ID |
dc.subject | kemampuan penalaran | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.title | Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2016/2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |