Show simple item record

dc.contributor.authorMahmudah, Itsna Dzuriyati
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2017-06-14T02:30:08Z
dc.date.available2017-06-14T02:30:08Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Agustina, I. R., Mulyono, dan M. Asikin. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo. UNNES Journal of Mathematics Education. 5(2). Diakses pada 16 Januari 2017 [2] Budiyono. 2008. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11(1):1-8. Diakses pada 04 November 2011 [3] Farida, N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma. 4(2):42 – 52. Diakses pada 08 Desember 2016 [4] Haryati, T., A. Suyitno, dan I, Junaedi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Sola Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman.Unnes Journal of Mathematics Education.5(1):8-15. Diakses pada 14 Oktober 2016 [5] Idris, S. 2015. Peningkatan hasil belajar program linier melalui strategi pembelajaran inkuiri dan Geogebra siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Tompobulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 2(3): 114 – 153. Diakses pada 27 September 2016 [6] Nurussafa’at, F. A., Imam S., dan Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(2):174:187. Diakses pada 16 Januari 2017 [7] Suci, A. D. K. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakn Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Ekuivalen. 20(1):19-24. Diakses pada 05 November [8] White, A. L. 2010. Numeracy Literacy and Newman’s Error Analysis.Journal of Scince and Mathematics Education in Southest Asia. 33(2): 129-148. Diakses pada 04 Oktober 2016in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8775
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linier bentuk cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 37 orang siswa yang diambil dari kelas XI IPS 1 MAN Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) sebanyak 42,55% siswa mengalami kesalahan transformasi dengan tingkat kualifikasi kesalahan sedang, (2) sebanyak 32,98% siswa mengalami kesalahan keterampilan proses dengan tingkat kualifikasi kesalahan rendah, dan (3) sebanyak 24,47% siswa mengalami kesalahan penulisan jawaban dengan tingkat kualifikasi kesalahan rendah. Faktor penyebab kesalahan tersebut yaitu kemampuan siswa yang kurang dalam mentransformasikan kata-kata yang ada dalam soal kedalam model matematika yang sesuai, siswa kurang teliti dalam mebuat model matematika, kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam melakukan strategi yang dipilih, kurangnya menguasai materi, tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir atau kesimpulan yang diminta soal, dan terburu-buru sehingga tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkesalahanin_ID
dc.subjectprogram linierin_ID
dc.subjectsoal ceritain_ID
dc.titleKesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatigain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record