Show simple item record

dc.contributor.authorSaputri, Mentari Dwi
dc.contributor.authorMasduki, Masduki
dc.date.accessioned2017-06-14T02:33:45Z
dc.date.available2017-06-14T02:33:45Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] National Council of Teachers of Mathematics. 2005. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. [2] National Council of Teachers of Mathematics. 2003. A Research Companion to Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. [3] Sabirin, Muhammad. 2014. “Representasi Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal JPM IAIN Antasari, 1(2): 33-44 [4] Mandur, Kanisius. dkk. 2013. “Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggaran” (online), (http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/jiem/article/view/297, diakses tanggal 9 Oktober 2016). [5] Santia, Ika. 2015. “Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Nilai Optimum Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent”. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(1): 67-76 [6] Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. [7] Kholiqowati. 2016. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik”. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (3): 234-242 [8] Irawati, Sri dan Sri Indriati Hasanah. 2016. “Representasi Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Program Linier”. Inovasi, 18(1): 80-86 [9] Handayani, Hani. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1): 142-149 [10] Fatqurhohman. 2016. “Representasi Matematis dalam Membangun Pemahaman Konsep Pecahan”. Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1): 43-54 [11] Cahdriyana, Rima Aksen, dkk. 2014. “Representasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta Dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(6): 632-642 [12] Mustangin. 2015. “Representasi Konsep dan Peranannya Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 15-21in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8776
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baki dalam menyelesaikan soal himpunan. Kemampuan representasi matematis yang diteliti meliputi kemampuan representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata atau teks tertulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengadopsi teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan nilai di atas KKM mempunyai (a) kemampuan representasi visual yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (b) kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis cukup baik, dan (c) kemampuan representasi kata atau teks tertulis yang masih kurang. (2) Siswa dengan nilai di bawah KKM mempunyai (a) kemampuan representasi visual yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (b) kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis masih tergolong kurang baik, dan (c) kemampuan representasi kata atau teks tertulis masih kurang.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecthimpunanin_ID
dc.subjectrepresentasi ekspresi matematisin_ID
dc.subjectrepresentasi katain_ID
dc.subjectrepresentasi visualin_ID
dc.titleAnalisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Bakiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record