Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Abstract
ABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali sejumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya setiap indikator kemampuan penalaran matematika yang meliputi: 1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tulisan dalam bentuk model dari 28,57% meningkat menjadi 90% 2) kemampuan menarik kesimpulan jawaban dari permasalahan yang ada sebanyak 38,10% meningkat menjadi 70% dan 3) kemampuan menganalisis situasi matematis dengan menggunakan pola dan hubungan yang awalnya sebanyak 23,81% meningkat menjadi 65%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.