dc.identifier.citation | [1] Prastowo, Andi. 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta:DIVA Perss. [2] Anitah, Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. [3] Sari, Erlina Puspita. 2013. “ Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasii Pencapaian Kemampuan berfikir matematis tinggkat tinggi dan kecerdasan emosional”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. [4] Nurgiyantoro, Burhan. 2016, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta. [5] Munayati, Zulva, dkk. 2015. “Kajian Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA”. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2). [6] Imamah, Rina Nurdiana. 2014. “Analisis Buku Teks Siswa Matematika kelas VII Kurikulum 2013”. Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Kegiuruan dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini Bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan tingkat kesulitan soal pemecahan masalah Matematika ditinjau dari komponen soal: jenis masalah, jenis bilangan, jenis operasi, banyak operasi, banyak pertanyaan, kecukupan data dan kemiripan dengan soal sebelumnya dalam buku siswa Matematika wajib SMA kelas X kurikulum 2013. Penelitian dilaksanakan dengan mencocokkan kaidah yang telah ditentukan pada soal-soal pemecahan masalah matematika yang termuat dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu tahapan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat 31 soal pemecahan masalah atau sekitar 16,32% 2) Seluruh soal termasuk jenis masalah rutin, 3) Jenis bilangan yang digunakan dalam soal: bilangan cacah 41,94%, bilangan negatif 12,90%, bilangan desimal 19,359%, bilangan pecahan 25,81%, 4) Jenis operasi yang digunakan: operasi penjumlahan dan pengurangan 77,42%, operasi perkalian 90,32%, operasi pembagian 51,61%, 5) Banyak pertanyaan yang yang ada dalam soal: 29,03% memiliki satu pertanyaan dan 70,97% memiliki pertanyaan lebih dari satu, 6) Seluruh soal pemecahan masalah mempunyai kecukupan data yang lengkap, 7) Kemiripan soal dengan soal sebelumnya adalah 35,48% mirip dan soal yang tidak mirip dengan sebelumnya sekitar 64,52%, 8) soal kategori rendah 22,58%, kategori sedang 35,48% dan ketegori tinggi 41,94% | in_ID |