Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di MAN 3 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika
siswa setelah menerapkan model discovery learning pada siswa MAN 3 Yogyakarta tahun
pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 27 orang.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua terdiri dari dua pertemuan.
Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar angket, dan tes tertulis.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan tes tertulis. Data yang diperoleh
selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya. Kesimpulan setelah
pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu adanya peningkatan kemandirian belajar pada siswa kelas
XI IPS 2 MAN 3 Yogyakarta pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari
hasil angket yang diberikan kepada siswa. Pada pra siklus 70% kemandirian belajar siswa
berkategori sedang dan 30% berkategori rendah. Pada siklus I kemandirian belajar siswa
mengalami peningkatan menjadi 63% berkategori tinggi dan 37% berkategori sedang. Pada siklus
II kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 7% berkategori sangat tinggi, 74%
berkategori tinggi dan 19% berkategori sedang. Selain itu, dari data hasil observasi kemandirian
belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 71% menjadi 85%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
discovery learning dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas XI IPS 2
MAN 3 Yogyakarta.