dc.contributor.author | Wibawa, Hari | |
dc.date.accessioned | 2017-06-17T02:14:10Z | |
dc.date.available | 2017-06-17T02:14:10Z | |
dc.date.issued | 2017-03-18 | |
dc.identifier.citation | Manibuy, Ronald. dkk. 2014.”Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire Papua”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9): 933-945. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/download/4834/3 356 Putri, Luvia Febryani dan Janet Trineke Manoy. 2013. “Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO”. Jurnal MATHedunesa. 2(1):1-8. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1211 Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media. Zevika, Mona, dkk. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share I Disertai Peta Pikiran”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 45-50. Diakes dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1170/86 2 | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8800 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan taksonomi SOLO. Informan dari
penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Baki. Data dikumpulkan dengan
menggunakan metode tes sebagai metode pokok. Metode bantu berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang
memperoleh skor diatas KKM telah mencapai level multistruktural, mampu menggunakan
informasi tunggal untuk menyelesaikan permasalahan dan mampu menggabungkan beberapa
hubungan dari data/informasi yang ada untuk menyelesaikan permasalahan. Sedangkan pada
tahap relasional belum sepenuhnya mampu mencapai karena masih terdapat kesalahan dalam
mendata anggota dalam diagram venn tetapi telah mampu menggunakan beberapa informasi yang
ada dan kemudian mengaplikasikan konsepnya kedalam permasalahan nyata. Sementara siswa
yang memperoleh skor dibawah KKM hanya mencapai pada level unistruktural. Siswa hanya
dapat menggunakan informasi tunggal untuk menyelesaikan permasalahan. Pada level
multistruktural belum mampu menggunakan beberapa informasi yang bersifat terpisah, serta
dapat membuat hubungan dari informasi tersebut, dan pada level relasional belum mampu
menggunakan beberapa informasi yang ada dan kemudian mengaplikasikan konsepnya ke dalam
permasalahan nyata. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | himpunan | in_ID |
dc.subject | pemahaman konsep matematika | in_ID |
dc.subject | taksonomi SOLO | in_ID |
dc.title | Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi Solo (Structure of Observed Learning Outcomes) Pada Siswa Kelas VII | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |