dc.identifier.citation | [1] Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [2] Verowita, W., Murni, D. & Mirna. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadaap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 48-51. [3] Nasikhah, Q., & Sapti, M. Eksperimen Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap Prestasi Belajar Mateatika ditinjau Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Purworejo. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di UNY . [4] Utami, C., Dwijanto, & Djuniadi. (2015). Pembelajaran Model Generatif dengan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Educatio Research, 4(1), 26-33. [5] Husna, Ikhsan M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Peluang, 1 (2), 81-92. [6] Sukmadinata, N. S. (2011). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya. [7] Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Jawa Tengah: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press). [8] Fahradina, N., Bansu, I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54-64. [9] Damini, Marialuisa & Alessio, S. (2013). Enhancing Intercultural Sensitivity through Group Investigation a Cooperative Learning Approach. Journal of Co-opewrative Studies, 46(2), 24-31. [10] Ecokins. (2011). Model Pembelajaran Group Investigation. Diakses pada 9 Oktober 2016, darihttps://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt/ | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation(GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Populasi padapenelitianiniadalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-C dan VIII-D. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan metode tes dan angket. Teknik analisis datadilakukan dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fa = 4,256; (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fb = 4,317; dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi matematik siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fab = 0,966. | in_ID |