dc.contributor.author | Arimurti, Shella Aprisa | |
dc.contributor.author | Setyaningsih, Nining | |
dc.date.accessioned | 2017-06-17T04:06:01Z | |
dc.date.available | 2017-06-17T04:06:01Z | |
dc.date.issued | 2017-05-14 | |
dc.identifier.citation | [1] Akomolafe, Comfort O. dan Veronica O. Adesua. 2016. “The Impact of Physical Facilities on Students’ Level of Motivation and Academic Performance in Senior Secondary Schools in South West Nigeria.”Journal of Education and Practice 7(4):38-42. [2] Alimi, Olatunji S., Gabriel B. Ehinola, dan Festus O. Alabi. 2012. “School Types, Facilities and Academic Performance of Students in Senior Secondary Schools in Ondo State, Nigeria.” International Education Studies 5(3):44-48 [3] Astuti, Anggraini dan Leonard. 2012. “Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Pestasi Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Formatif 2(2): 102-110 [4] Bangun, Darwin. 2008. “Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 5(1): 74-94. [5] Ciftci, S. Koza. 2015. “Effects of Secondary School Students Perceptions of Mathematics Education Quality on Mathematics Anxiety and Achievement.Educational Sciences.”Educational Sciences:Theory& Practice 15(6): 1487-1501. [6] Detiknews. 2015. “Peringkat Tertinggi Sekolah Global Indonesia Nomor 69.” Diakses pada 8 Juni 2016 (http://news.detik.com/bbc/2914052/oecd-asia-peringkat-tertinggi-sekolah-global-indonesia-nomor-69). [7] Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. [8] Gani, Abdul. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.” Jurnal Daya Matematis 3(3): 337-343. [9] Khasanah U. dan Andian A. Istiningrum. 2012. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smkn 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia X(2): 95-113 [10] Lomibao, Laila S., Charita A. Luna, dan Rhoda A. Namoco. 2016. “The Influence of Mathematial Communication pon Students’ Mathematics Performance and Anxiety.” American Journal of Educational Research 4(5): 378-382. [11] Nurdin. 2011. “Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8(1): 88-101. [12] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [13] Syamarro, Nurhana., Saluky, dan Widodo Winarso. 2015. “Pengaruh Motivasi dan Persepsi Siswa pada Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus dan Balok).”EduMa 4(2): 105-111. [14] Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8811 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (3)menguji kontribusi persepsi siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika, (4) menguji kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode propotional random sampling.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh, (1) terdapat kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat kontribusi komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat kontribusi persepsi siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika, (4) terdapat kontribusi fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | fasilitas;hasil belajar matematika | in_ID |
dc.subject | komunikasi matematik | in_ID |
dc.subject | persepsi | in_ID |
dc.title | Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |