Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran
kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan matematik mahasiswa. Populasi penelitian
adalah mahasiswa Politeknik Negeri Bandung angkatan 2016 Program D-III bidang Tata Niaga.
Sampel penelitian berjumlah 62 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling (jurusan
Akuntansi, program studi Keuangan Perbankan). Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan uji t dua rerata, bila data berdistribusi normal dan homogen, tetapi bila tidak
berdistribusi normal pengujiannya menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji MannWhitney.
Dikarenakan data tidak berdistribusi normal, maka digunakan uji Mann Whitney. Data
yang diolah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran adalah membandingkan dua nilai
(nilai postes pada pembelajaran konvensional dan nilai postes pada strategi pembelajaran
kooperatif Jigsaw). Soal tersebut sebelumnya diujicobakan untuk melihat validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran dan daya pembeda dari soal. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa
kemampuan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik daripada
mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.