Show simple item record

dc.contributor.authorAsmari, Januar Budi
dc.date.accessioned2017-06-17T06:05:58Z
dc.date.available2017-06-17T06:05:58Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationBudiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. ________. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. ________. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press. Dwi Erviani. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dipandang dariTipe Kecerdasan Siswa. Tesis.UNS Surakarta. Erlyn Yustantina. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa. Tesis. UNS Surakarta. Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Januar Budi Asmari. (2012). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran STAD-KG pada Mata Kuliah Kalkulus I. Proceeding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Sukoharjo: LPPM Univet Bantara. Purwa Atmaja Prawira. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Thomas Amstrong. (2013). Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Jakarta: Indeks. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8817
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II (dua) tahun ajaran 2013/2014 yang menempuh mata kuliah Kalkulus 1 pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebanyak 160 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi linear r dilanjutkan dengan uji signifikasi korelasi dengan uji-t, dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas variabel. Hasil analisis korelasi diperoleh r xy xy = 0,146999, sedangkan uji signifikasi korelasi mendapatkan hasil t = 1,699; DK = {t │t > 1,699}; t obs = 0,800308 DK, sehingga H diterima. Hal ini berarti menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkecerdasan interpersonalin_ID
dc.subjectprestasi belajarin_ID
dc.titleHubungan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Iin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record