Show simple item record

dc.contributor.authorUtami, Rizky Danu
dc.contributor.authorHarta, Idris
dc.date.accessioned2017-06-19T06:51:12Z
dc.date.available2017-06-19T06:51:12Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta. [2] Alawiyah, Faridah. 2013. “Dampak Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru”. Jurnal Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekjen DPR RI Jakarta 5(9). [3] Alawiyah, Tuti. 2014. “Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, pada 15 Januari 1(26): 2355-0473. [4] Alfaleq, Manahel, dan Lianghuo Fan. 2014. “ Problem Solving Heuristics in Middle School Mathematics Textbooks in Saudi Arabia”. Makalah yang disajikan di International Conference on Mathematics Textbook Reasearch and Development pada 29-31 Juli 2014, Universitas Southampton, UK. [5] BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2014. “Artikel Tentang Kinerja BSNP Tahun 2014”. Jakarta: BSNP. [6] Fajriatin, Alfin. 2015. “Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten pada Kriteria Bell”. Makalah yang disajikan di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY ISBN 978-602-73403-0-5. [7] Haji, Saleh. 2011. “Model Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Realistic Mathematics Educaion untuk Mengembangkan Kemahiran Matematika”. Jurnal Exacta 9(1): 1412-3617. [8] Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. [9] Hartatiana, dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen untuk Siswa Kelas V di SD Negeri 79 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika 5(2). [10] Irawati, Tri Novita. 2016. “Pengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa SMP”. Tesis. Universitas Jember. [11] Kemdikbud. 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. [12] . . 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. [13] Kilpatrick, Jeremy. 2014. “From Clay Tablet to Computer Tablet: The Evolution of School Mathematics textbooks”. Makalah yang disajikan di International Conference on Mathematics Textbook Reasearch and Development pada 29-31 Juli 2014, Universitas Southampton, UK. [14] Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena. [15] Laine, Anu, dkk. 2012. “ Third-graders’ Problem Solving Performance and Teachers’ Actions”. Makalah ynag disajikan di The 13th ProMath Conference pada September 2011, UMERC. [16] MinartidanKusrini. 2013. “Analisis Tingkat KemampuanSiswadalamMemecahkanMasalahBentukSoalCeritapadaMateriSistemPersamaan Linear DuaVariabel”. JurnalUnesa 3(2). [17] Muklis, Yoga Muhamad, dan Nining Setyaningsih. 2015. “Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Scientific dan Penilaian Autentik”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. [18] Nisa, Choirun Lulu. 2013. “Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 untuk Siswa dengan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII’. Jurnal Phenomenon 3(2). [19] Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. [20] Pehkonen, E. 2007. “Problem Solving in Mathematics Education in Finland”. Makalah tidak diterbitkan. Universitas Helsinki Finlandia. [21] Rufiana, Intan Sari. 2015. “Level Kognitif Soal pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 3(2). [22] Sajadi, Maryam, dkk. 2013. “The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect”. Journal of Mathematics Education Trends and Research 2013(2013). [23] Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. [24] Sumarwati. 2013. “Soal Cerita dengan Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan 19(1). [25] Susilowati, Dwi. 2012. “Analisis Tingkat Kesulitan Soal Pemecahan Masalah Sistem Persamaaan Linier Dua Variabel dalam Buku Ajar Matematika SMP Kelas VIII”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [26] Wijayanti, Dyana. 2013. “Analisis Soal Pemecahan Masalah pada Buku Sekolah Elektronik Pelajaran Matematika SD/MI”. Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung 49(123). [27] Yarmayani, Ayu. 2016. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi”. Jurnal Ilmiah Dikdaya 6(2).in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8819
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan soal pemecahan masalah dalam buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 ditinjau dari komponen-komponen penyusun soal diantaranya jenis soal, jenis bilangan, jenis operasi, banyak operasi, banyak soal/pertanyaan, kecukupan data, dan kemiripan soal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 semester 1 dan 2 tahun 2015 yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Soal yang dianalisis meliputi soal-soal pemecahan pada contoh soal, latihan soal, dan uji kompetensi. Teknik pengumpulan data dengan cara analisis dokumen. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan soal pemecahan dalam buku ini: (1) ditinjau darijenissoal, jenis bilangan, dan banyak soal termasuk soal mudah; (2) ditinjau dari jenis operasi, kecukupan data, dan kemiripan soal termasuk soal dengan tingkat kesulitan sedang; serta (3) ditinjau dari banyak operasi termasuk soal sulit. Dengandemikian, soal pemecahan dalam buku ini dapat digunakan untuk melatih keterampilan menghitung dan menguasai konsep matematika dalam berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbuku matematikain_ID
dc.subjectkomponen penyusun soalin_ID
dc.subjecttingkat kesulitanin_ID
dc.titleAnalisis Tingkat Kesulitan Soal Pemecahan Masalah dalam Buku Siswa Pelajaran Matematika SMP Kelas IX Kurikulum 2013in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record