dc.identifier.citation | [1] Ahmadi, Iif Khoiru dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta:Prestasi Pustaka. [2] Arifani, Y. (2016). The Implementation of Team-Based Discovery Learning to Improve Students' Ability in Writing Research Proposal. International Education Studies, 9(2). [3] Bakry, Noor Ms. (2001). Logika Praktis Dasar Filsafah dan Sarana Ilmu. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta [4] Burais, Listika dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Journal Didaktik Matematika. 3(1). [5] Cook, C., Goodman, N. D., & Schulz, L. E. (2011). Where Science Starts: Spontaneous Experiments In Preschoolers’ Exploratory Play. Cognition,120(3). [6] Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP. Journal Penelitian Pendidikan UPI. 13(2). [7] Hadiyanti, Rini dkk. 2012. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Journal of Mathematics Education. 1(1). [8] Herdinsyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika [9] Maarif, S. (2016). Improving Junior High School Students’ Mathematical Analogical Ability Using Discovery Learning Methode. International Journal of Research in Education and Science (IJRES). 2(1). [10] Maman, M. (2016). The Implementation of Cooperative Model ‘Numbered Heads Together (NHT). IJERE. 5(2). [11] Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California; SAGE publications Inc. diakses pada 15 April 2017 pukul 07.24 WIB, dari http://www.finchpark.com/ppp/qual-analysis/Qualitative_Data_Analysis_Handout.pdf [12] Moleong, L. J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya [13] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitati, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penalaran matematika melalui strategi Numbered Heads Together berbasis Discovery Learning pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas X Akuntansi 1 sebagai subjek yang memberi tindakan dan siswa berjumlah 36 orang yang terdiri dari 34 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki sebagai subjek yang menerima tindakan. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penalaran matematika dengan indikator: 1)Kemampuan siswa mengajukan dugaan sebelum tindakan (belum ada data pendukung), pada siklus I 27.78% dan pada siklus II 73.52%. 2) Kemampuan siswa melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 27.78%, pada siklus I 52.94% dan pada siklus II 97.14%. 3)Kemampuan siswa menarik kesimpulan sebelum tindakan 30.56%, pada siklus I 29.56% dan pada siklus II 97.14%. | in_ID |