dc.identifier.citation | [1] Hardini, dkk.2012. Strategi Pembelajaran Terpadu .Yogyakarta : Familia. [2]Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [3] Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja. Depdiknas (Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika) 3-30. [4] Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [5] Daryanto dan Rahardjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. [6] Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta [7] Haryati, P. S., Made Yudana, dan I Made C. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Bakat Numerik Pada Siswa Kelas X SMKN 3 Singaraja”. E-Journal Program PascasarjanaUniversitas Pendidikan, 3: 6-8. Diakses pada 18 November 2016, dari http://download.portalgaruda.org/article.php [8] Badriani, Elmayanti, Edi Prio B., dan Budi Manfaat. 2015. “Perbandingan Penerapan Teknik Penilaian Kinerja Dan Teknik Penilaian Tertulis Tipe Uraian Terbatas Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 14-15. Diakses pada 14 November 2016, dari http://id.portalgaruda.org/article.php?article=446923&val=9451 [9] Jaya, I Made S., I Wayan W., dan I Komang N. W. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Open-Ended Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V SD N.9 Pedungan Denpasar:. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1. Diakses pada 23 Maret 2017, dari [10] Warno. 2015. “ Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Simetri Melalui Pendekatan Cotextual Teaching And Learning (CTL)”. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 126-133. Diakses pada 23 Maret 2017, dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article Effendi, Rustam, Sutiarso, Sugeng dan Gunowibowo, Pentatito. 2013. “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Jurnal Pendidikan Matematika Unila 1(10): 35-39. Diakses pada 23 Maret 2017, dari [12] Rahmat, Bedrial, Armiati dan ZA, Nilawasti. 2012. “Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran STAD”. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 35-39. Diakses pada 24 Maret 2017 dari http://www.e-jurnal.unp.ac.id/2015/03/meningkatkan-aktivitas-siswa-dalam.html | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa yang diambil dari kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator sebagai berikut: 1) keberanian mengemukakan pendapat menjadi (56,52%), 2) keberanian dalam mengajukan pertanyaan tentang materi atau soal yang belum dipahami menjadi (69,57%), 3) kemampuan dalam berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah dalam LKK menjadi (78,26%), 4) keberanian mengerjakan soal di depan kelas menjadi 60,87%) dan banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥ 75) dari sebelum tindakan (27,27%) menjadi (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui implementasi penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2016/2017. | in_ID |