Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017
dc.contributor.author | Ramdhani, Muhammad Warih | |
dc.date.accessioned | 2017-06-20T02:36:53Z | |
dc.date.available | 2017-06-20T02:36:53Z | |
dc.date.issued | 2017-05-14 | |
dc.identifier.citation | [1] Susasanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pernada Media Grup [2] Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS. (online) (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss, diakses tanggal 9 Oktober 2016) [3] Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara [4] Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks [5] Huda, Miftahul. (2014) Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar [6] Saefudin, Asis, Berdiati, Ika. (2014). Pendidikan Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [7] Guvercin, Selim and Viktor Verbovskly. 2014. “ The Effect Of Problem Posing Tasks Used in Mathamatics Instruction to Mathematics Academic Achievement and Attitudes Toward Mathematics “. International Online Journal of Primary Education 3(2):59-64. ISSN: 1300-915X. [8] Rosli, Roslinda, dkk. 2014. “ The Effects of Problem Posing on Student Mathematical Learning: A Meta-Analysis”. International Education Studies, Volume 7, Nomor 13 ISSN 1913-9020 [9] Padmavathy. 2013. “Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics”. International Multidisciplinary e-Journal, ISSN: 2277-4262 [10] Taurina, zane. 2015. “ Student’ Motivational and Learning Outcome: Significant Factor In Internal Study Quality Assurance System”. International Journal for Cross-disciplinary in Education, Volume 5, Nomor 4. [11] Imaobong, Umobong, dkk. 2013. “ Analysis of Achievement Motivation and Academic Engagement of Students in the Nigerian Classroom”. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, Volume 2, Nomor 3 ISSN: 2281-3993. [12] Siswati, Ekohariadi, meini Sondang. 2014. “ Pengaruh Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi MS Excel”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 2, Nomor 1. ISSN: 2302-285X | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8822 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan Cluster random sampling. Sehingga didapatkan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dari populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α=5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) ada perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Problem Possing | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.subject | Problem Based Learning | in_ID |
dc.subject | motivasi belajar | in_ID |
dc.title | Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |