dc.identifier.citation | [1] Akuegwu, dkk. 2011.” Assessing Teaching Readiness of University Students in Cross RiverState, Nigeria: Implications forManaging Teacher Education Reforms.” HigherEducation Studies1(2): 10.5539. [2] Anuar Muhamad Khairudin dan Abdul Rahim. 2016. “Effect of Knowladge, Readiness and Teaching Technique in Inclusive Practices.” International Journal of Early Childhood Special Education 8(1): 10.20489. [3] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press [4] Incecay, Gorsev dan Yesim Kesli Dollar. 2012. “Classroom Management, Self-efficay and Readiness of Turkish Pre-Service English Teachers.” International Association of Research in Foreighn Languange Education and Apllied Linguistics 1(3): 2146-9814. [5] Lestari, Isnania. 2015. “Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar, Produktif dan Dukungan Sosial terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5(2): 2476-9401. [6] Mami. 2016. “Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik.” Junal Penelitian Pendidikan Indonesia 1(1): 2477-2240. [7] Malihi, Joza Fahd Al. 2015. “Saudi EFL Teachers’ Readiness and Perceptions of Young Learners Teaching at Elementary Schools.” Canadian Center of Science and Education 8(2). 1916-4742. [8] Nasution, M. Syukuri Albani dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada [9] Nisa’, Choirun dan Yudha Anggana Agung. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Multism 10 Simulations pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 7 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2): 2252-5149. [10] Restiyani, Rusi, Nengsih Juanengsih dan Yanti Herlanti. 2014. “ Profil Pemanfaaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi.” EDUSAINS 6(1): 2443-1281. [11] Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada [12] Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press [13] Shala, Merita. 2013. “The Impact of Preschool Social-Emotional Develompent on Academic Success of Elementary School Student.” Scientific Research 4(11): 787-791. [14] Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta [15] Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta [16] Subramaniam, Ilangko. (2013). “Teachers perception on their readiness in integrating soft skills in the teaching and learning.” Journal of Research & Method in Education 2(5): 2320–7388. [17] Sumintono, Bambang dkk. 2012. “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Surveu pada Guru-Guru SAINS SMP di Indoenesia.” Jurnal Pengajaran MIPA 17(1): 2443-3616. [18] Syabrus, Hardisem. 2015. “Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru.” Pekbis Jurnal 7(1): 2085-5214. [19] Ulansari, Ita dan Bertha Yonata. 2012. “ Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Poko Larutan Penyangga di SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro.” Unesa Journal of Chemical Eductaion 1(1): 2252-9454. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. (2) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa. (3) Menguji kontribusi pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa. (4) Menguji kontribusi kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah mengikuti Program Magang Asisten Guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 143 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hail penelitian dengan α = 5%, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat konstribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 47% (2) terdapat kontribusi pelaksanakan pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 32,97 % (3) terdapat kontribusi pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 11,74 % (4) terdapat kontribusi kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 2,30 %. | in_ID |